PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA SMK AS-SYAFI'I RAMBIPUJI JEMBER TAHUN AJARAN 2022-2023

Najibulloh, Mochammad (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA SMK AS-SYAFI'I RAMBIPUJI JEMBER TAHUN AJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
MOCH. NAJIBULLOH SKRIPSI FINAL.pdf

Download (18MB)

Abstract

Baik buruknya akhlak siswa tergantung pada peran guru, khususnya guru pendidikan agama Islam. Guru harus mempertahankan dan mengaplikasikan akhlak yang mulia, sehinggga guru agama dapat membawa anak didik semua kepada arah binaan yang sehat dan baik, serta setiap guru agama harus menyadari bahwa segala sesuatu yang ada pada dirinya merupakan unsur pembinaan bagi anak didiknya. Fokus penelitian dalam skripsi adalah: 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam pembinaan akhlak pada siswa di SMK As-Syafi’i Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022-2023? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai model dan teladan dalam pembinaan akhlak pada siswa di SMK As-Syafi’i Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022-2023? 3) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai penasihat dalam pembinaan akhlak pada siswa di SMK As-Syafi’i Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022-2023? 4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing, model dan teladan, dan penasihat dalam pembinaan akhlak pada siswa di SMK As-Syafi’i Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022-2023?. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode penentuan subjek dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive, yaitu teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti menggunakan yang partisipan pasif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa 1) peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing adalah dengan fokus menyusun RPP, memantau partisipasi siswa, menginterpretasikan kegiatan pembelajaran dan memberikan penilaian serta memberikan bimbingan kepada siswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai model dan teladan dalam menjunjung tinggi akhlak dan guru memiliki sikap jujur, disiplin, sabar, dan amanah, yang siswa diawali dengan segala sesuatu yang telah disiapkan oleh pihak sekolah seperti adanya peraturan dan pelanggaran yang dilakukan agar siswa dapat berakhlak. 3) Peran guru pendidikan agama islam sebagai penasihat yakni dengan memberikan nasihat kepada siswa dalam menghadapi berbagai macam persoalan dengan mengedepankan akhlak yakni tanpa menyakiti. 4) faktor pendukung dan peghambat peran guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak pada siswa SMK As-Syafi’i disamping bahwa dalam pelaksanaannya pendukung peran guru dalam pembinaan penggunaan metodenya yang efektif mudah dipahami sehingga siswa mudah memahami, tidak merasa terbebani dari materi yang diberikan disamping itu yang menjadi kendala adalah karena terkendala waktu pembelajaran yang kurang selain terkendala juga dengan kekurangan tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sam Mochammad Najibulloh
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:32
Last Modified: 10 Jan 2024 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31922

Actions (login required)

View Item View Item