ANAK DI BAWAH UMUR SEBAGAI PEMOHON DALAM PERKARA WALI ADHAL KUMULASI DISPENSASI KAWIN (STUDI PENETAPAN NOMOR 121/Pdt.P/2020/PA.SIT)

Rizqiyah, Firda Naziladtur (2023) ANAK DI BAWAH UMUR SEBAGAI PEMOHON DALAM PERKARA WALI ADHAL KUMULASI DISPENSASI KAWIN (STUDI PENETAPAN NOMOR 121/Pdt.P/2020/PA.SIT). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SIDANG SKRIPSI FIRDAA REVISI 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Firda Naziladtur Rizqiyah, 2023, Anak di bawah Umur sebagai Pemohon dalam Perkara Wali Adhal Kumulasi Dispensasi Kawin (Studi Penetapan Nomor 121/Pdt.P/2020/PA.Sit).
Kata Kunci: Anak di bawah Umur, Wali Adhal, Dispensasi Kawin
Ditinjau dari hukum positif anak memiliki arti individu yang belum mencapai kedewasaan dan masih dalam pengawasan orang tua. Dalam perkara Nomor 121/Pdt.P/2020/PA.Sit. calon pengantin bertindak secara mandiri dengan mengajukan permohonan ke Pengadilan Agama Situbondo, hal ini dilakukannya karena wali nasab tidak berkenan menjadi wali nikahnya. Wali tadi disebut dengan wali adhal. Penetapan ini merupakan bentuk perlindungan yang diberikan oleh negara kepada para pencari keadilan.
Fokus masalah dalam penelitian ini terdiri dari dua objek, yakni: 1) Bagaimana pertimbangan hakim dalam menetapkan perkara wali adhal kumulasi dispensasi kawin perkara Nomor 121/Pdt.P/2020/PA.Sit.?, 2) Bagaimana kondisi anak di bawah umur dapat bertindak sebagai Pemohon dalam perkara Penetapan Nomor 121/Pdt.P/2020/PA.Sit?.
Mengacu pada fokus permasalahan diatas tujuannya terdiri dari: 1) Untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menetapkan perkara wali adhal kumulasi dispensasi kawin perkara Nomor 121/Pdt.P/2020/PA.Sit. 2) Untuk mengetahui kondisi anak di bawah umur dapat bertindak sebagai pemohon dalam perkara Penetapan Nomor 121/Pdt.P/2020/PA.Sit.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif normatif menggunakan analisis deskriptif. Jenis studi putusan dengan menggunakan sumber data penelitian terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah perundang-undangan (statute approach) dan kasus (case approach).
Penulis menyimpulkan terkait masalah diteliti, bahwa: 1) Pokok pertimbangan hukum hakim pada penetapan perkara tersebut sesuai dengan dalil permohonan yang didukung dengan keterangan saksi dan bukti surat, hakim mempertimbangkan dengan diutamakan mencegah kemudharatan daripada mengambil manfaat dari sesuatu. 2) Anak dibawah umur dapat bertindak sebagai pemohon dalam perkara wali adhal kumulasi dispensasi kawin di Pengadilan Agama karena mempunyai kepentingan secara langsung mengenai kepastian hukum begitu juga Pemohon dalam hal ini dalam keadaan darurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Depositing User: Firda Firda Naziladtur Rizqiyah
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:55
Last Modified: 10 Jan 2024 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31927

Actions (login required)

View Item View Item