Ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam) Dalam Pembinaan Karakter Religius di SMA Negeri 1 Kota Probolinggo

firman, firman (2023) Ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam) Dalam Pembinaan Karakter Religius di SMA Negeri 1 Kota Probolinggo. Ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam) Dalam Pembinaan Karakter Religius di SMA Negeri 1 Kota Probolinggo. (Unpublished)

[img] Text
Skripsi Tamat Firman (1)-2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendukung yang dilakukan peserta didik. Rohis (Rohani Islam) merupakan wadah yang berbasis keIslaman. Karakter religius merupakan pembinaan dalam pendidikan karakter peserta didik. Kegiatan keagamaan yang dilakukan pada kegiatan Rohis adalah dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan membiasakan peserta didik untuk berakhlak mulia serta mengembangkan sikap yang lebih baik, juga menambah ilmu pengetahuan keagamaan yang luas.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam) mengaji kitab dalam pembinaan karakter religius di SMA Negeri 1 Kota Probolinggo? 2) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam) shalat dhuha dalam pembinaan karakter religius di SMA Negeri 1 Kota Probolinggo? 3) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam) pembacaan ayat suci Al-qur’an dalam pembinaan karakter religius di SMA Negeri 1 Kota Probolinggo? 4) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam) ziarah dalam pembinaan karakter religius di SMA Negeri 1 Kota Probolinggo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman, yang menggunakan 3 tahap dalam pelaksanaanya, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Kegiatan mengaji kitab dapat mengembangkan ilmu pengetahuan keagamaan yang luas. 2) Kegiatan shalat dhuha dapat mengembangkan kedisiplinan, menghidupkan nafas religius, serta taat beribadah. 3) Kegiatan pembacaan ayat suci Al-qur’an dapat memberikan energi positif, ketenangan jiwa serta cinta damai, dan terbentuklah lingkungan karakter yang berealitaskan keIslaman. 4) Kegiatan ziarah terdapat kesadaran akan adanya kematian dan kehidupan se

Item Type: Article
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr firman firman
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:49
Last Modified: 10 Jan 2024 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31930

Actions (login required)

View Item View Item