Efektivitas pembelajaran fikih melalui kitab taqrib di pondok pesantren Al- Bidayah Jember

Arjunanda, Maulana Rizal (2023) Efektivitas pembelajaran fikih melalui kitab taqrib di pondok pesantren Al- Bidayah Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
ARJUNANDA MAULANA RIZAL_T20191109.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Arjunanda Maulana Rizal, 2023: Efektivitas Pembelajaran Fikih Melalui Kitab Tarib di Pondok Pesantrn Al-Bidayah Jember
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Kitab Tqrib
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran fikih melalui kitab tarib di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember. Pembelajaran fikih merupakan pembelajaran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena kita hidup tidak jauh dari yang namanya syari’at. Kemudian peneliti melilih Pondok Pesantren Al-Bidayah dibanding dengan sekolah formal karena di Pondok Pesantren sanad keilmuannya lebih jelas dibanding dengan sekolah formal dan juga rujukan keilmuannya di ambil dari Al-Qur’an dan juga Hadits serta didukung oleh kitab-kitab kuning. Dengan adanya kontreks permasalahan ini peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul efektivitas pembelajaran fikih melalui kitab Taqrib di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yakni: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Taqrib di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember? 2) Bagaimana efektivitas pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember?
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kiab Taqrib di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember. 2) Untuk mendeskrpsikan efektivitas pembelajaran kitab Taqrib di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan juga wawancara. Teknik analisis data yakni menggunakan reduksi, penyajian dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran kitab Taqrib di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember (Pertama perencanaan melalui koordinasi antara pengasuh dengan pengurus, khususnya pengurus bidang pendidikan yang meliputi tahapan alokasi waktu, penentuan santri dan juga model evaluasi yang digunakan Kedua, pelaksanaan yajni dilakukan selama tiga kali pertemenuan, kegiatan pembuka membaca tawassul kepada mushonnif, kegiatan inti santri menghafal kemudian setoran, bagian akhir sebelum doa guru memberi kesempatan untuk sesi tanya jawab dan diakhiri dengan doa Ketiga, evaluasi pembelajaran yakni dilakukan ketika santri sudah hatam kitab Taqrib). 2) Efektivitas pembelajaran Kitab Taqrib di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember sudah efektif serta adanya faktor pendukung dan penghambat (pertama adanya faktor prndukung yakni meliputi kehadiran guru adanya kitab Taqrib dan juga kitab Taqrib terjemah, kehadiran satri dan juga keselarasan umur. Faktor penghambat dalam efektivitas pembelajaran kitab Taqrib meliputi tertidur, sulit menterjemah bahasa jawa dan juga sulit memahami teks (murod).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sam Arjunanda Maulana Rizal
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:55
Last Modified: 10 Jan 2024 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31932

Actions (login required)

View Item View Item