Strategi Promosi Satu Harga Dalam Bidang Jasa Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di NCA Studio Photo Desa Wedoro Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan).

Rina Sri, Setyoningsih (2024) Strategi Promosi Satu Harga Dalam Bidang Jasa Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di NCA Studio Photo Desa Wedoro Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RINA PASCA SIDANG (1) (1).pdf

Download (22MB)

Abstract

Bisnis atau usaha adalah organisasi yang menyajikan barang atau jasa ke konsumen demi keuntungan. Usaha dalam Islam disebut juga muamalah yang termasuk bagian dari hukum amaliah yang mengatur hubungan antara mukalaf satu sama lain baik secara individu maupun ketika di masyarakat dengan tujuan untuk meraih keuntungan tetapi harus berdasarkan norma hukum yang berlaku. setiap usaha/bisnis pasti menggunakan yang namanya strategi promosi untuk menambah minat dari konsumen. Strategi promosi juga dilakukan oleh NCA studio di Desa Wedoro Kecamatan Sukorame Kota Lamongan dengan menggunakan promosi satu harga yang pastinya sangat menarik konsumen dimana promosi ini dilakukan dengan cara memasang pamflet dan benner dengan bertuliskan foto studio per file Rp.5.000 dan juga promosi dilakukan dari mulut ke mulut.
Skripsi ini memuat 2 fokus penelitian yakni: 1) Bagaimana Praktik Strategi Promosi Satu Harga dalam Bidang Jasa?, 2) Bagaimana Praktik Strategi Promosi Satu Harga dalam Bidang Jasa Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan suatu obyek, fenomena, yang dituangkan dalam tulisan bersifat naratif. jenis penalitian ini yakni penelitian empiris (field research) atau penelitian lapangan yaitu penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala, peristiwa, dan fenomena yang terjadi di masyarakat.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Praktik strategi promosi satu harga dalam bidang jasa yakni dengan memasang benner dan pamflet yang bertuliskan foto studio Rp. 5.000 per file serta promosi dilakukan dari mulut ke mulut. Benner yang berukuran besar dipasang didepan Studio Photo, sedangkan pamflet dipasang di dinding yang sekiranya konsumen mudah untuk mengetahuinya. Strategi promosi dilakukan oleh NCA Studio Photo bertujuan untuk menarik minat konsumen agar mereka tertarik untuk mengabadikan moment penting mereka di NCA Studio Photo. 2) Praktik strategi promosi satu harga dalam bidang jasa prespektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah yakni Berdasarkan prinsip-prinsip etika berpromosi, strategi yang dilakukan oleh NCA Studio Photo masih belum sesuai karena masih terdapat pelanggan baru yang kecewa karena merasa tertipu, jadi strategi promosi seperti ini tidak diperbolehkan. Menurut Kitab Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, akad Ijarah yang dilakukan oleh pihak NCA Studio dan konsumen ini belum sesuai dalam Pasal 21 Tentang Asas Akad yakni melanggar asas Ikhtiyari/sukarela, saling menguntungkan, dan itikad baik. Tetapi dalam Pasal 22 Tentang Rukun dan Syarat Akad sudah terpenuhi dan sah Namun, menjadi tidak boleh karena dalam pandangan etika berpromosi dalam Islam ada beberapa hal yang belum sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jasa, Akad Ijarah, Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Miss Rina Sri Setyoningsih
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:14
Last Modified: 11 Jan 2024 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31935

Actions (login required)

View Item View Item