Pelaksanaan program ektrakulikuler dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Darul Qur'an Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Khoiriyah, Hidayatul (2023) Pelaksanaan program ektrakulikuler dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Darul Qur'an Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SkripsiIduttt FIX Revisi Sidang.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hidayatul Khoiriyah: Pelaksanaan Program Ekstrakulikuler Dalam Membentuk Karakter siswa Di Madrasah Aliyah Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi Tahun pelajaran 2022/2023

Kata Kunci: Program Ekstrakulikuler, Karakter Siswa

Madrasah Aliyah Darul Qur’an Glemore merupakan satuan pendidikan yang melaksanakan program ekstrakulikuler dengan tujuan untuk pembentukan karakter siswa. Penelitian ini akan mendeskripsikan pelaksanaan dari program ekstrakulikuler tersebut dan menganalisa hubungannya terhadap pembentukan karakter siswa.
Fokus penelitian yang di bahas: 1) Bagaimana pelaksanaan program ekstrakulikuler wajib dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Darul Quran Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?, 2) Bagaimana pelaksanaan program ekstrakulikuler pilihan dalam membentuk karakter siswa di madrasah Aliyah Darul Quran Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan program ekstrakulikuler wajib dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Darul Quran Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan program ekstrakulikuler pilihan dalam membentuk karakter siswa di madrasah Aliyah Darul Quran Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi data, penjabaran data dan penarikan kesimpulan. Menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Program ekstrakulikuler wajib yang ada di MA Darul Qur’an Glenmore terdiri dari empat program yang dalam pelaksanaannya juga ditujukan sebagai sarana pembentukan karakter siswa yaitu: program Pramuka dengan tujuan membentuk karakter disiplin, program Tahfidzul Qur’an ditujukan untuk membentuk karakter religius, program Kitab Kuning ditujukan untuk membentuk karakter religius pada siswa, program Bahasa Arab ditujukan untuk membentuk karakter siswa yang religius. 2) Pelaksanaan Program Ekstrakulikuler Pilihan dalam Membentuk Karakter Siswa di MA Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023 dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Program ekstrakulikuler pilihan yang ada di MA Darul Qur’an Glenmore terdiri dari tiga program yang dalam pelaksanaannya juga ditujukan sebagai sarana pembentukan karakter siswa yaitu: program Kaligrafi dengan tujuan membentuk karakter kerja keras, program Tilawah ditujukan untuk membentuk karakter religius dan krja keras, program Bahasa Inggris ditujukan untuk membentuk karakter keja keras dan percaya diri pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi Hida Yatul
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:57
Last Modified: 11 Jan 2024 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31938

Actions (login required)

View Item View Item