Optimalisasi kegiatan pembinaan keagamaan siswa di masjid At-Ta'awun MAN 2 Banyuwangi

Vina, Alivia Lutfiani (2023) Optimalisasi kegiatan pembinaan keagamaan siswa di masjid At-Ta'awun MAN 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Revisi SIdang Srikpsi Vina Desember (1).pdf

Download (20MB)

Abstract

Para pemerhati pendidikan telah menganalisis beberapa sebab terjadinya kemunduran moralitas. Kemunduran pada aspek ini menyebabkan krisis akhlak dalam dunia pendidikan, hadirnya masjid di lembaga pendidikan sebagai tempat dakwah tentunya tidak mudah, ada berbagai kendala yang harus dihadapi seperti, minimnya minat siswa ikut serta dalam kegiatan keagamaan, pengelolaan masjid sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dakwah kepada siswa agar memiliki kesadaran beribadah dan berorientasi pada pengembangan keagamaan. MAN 2 Banyuwangi memiliki sarana dan prasana masjid madrasah, masjid yang semula hanya digunakan sebagai tempat ibadah khususnya sholat saat ini juga digunakan untuk kegiatan pembinaan keagamaan. Masjid dapat lebih optimal pemanfaatannya oleh pihak sekolah jika dalamnya terdapat transfer ilmu pengetahuan yang diberikan oleh guru atau seorang pendidik terhadap para siswa.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana optimalisasi kegiatan pembinaan keagamaan siswa di Masjid At-ta’awun MAN 2 Banyuwangi
2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi optimalisasi kegiatan pembinaan keagamaan siswa di Masjid At-ta’awun MAN 2 Banyuwangi.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui optimalisasi kegiatan pembinaan keagamaan siswa di masjid At-ta’awun MAN 2 Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi optimalisasi kegiatan pembinaan keagamaan siswa di masjid At-ta’awun MAN 2 Banyuwangi.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif Deskriptif dengan jenis penelitian studi lapangan. Penentuan subyek pada penelitian ini meliputi : Kepala madrasah, waka kesiswaan, Pembina Takmir, Guru PAI, Pembina Jurnalistik, dan Siswa MAN 2 Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif dan Miles Huberman.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bentuk-bentuk optimalisasi kegiatan pembinaan keagamaan di masjid At-ta’awun MAN 2 Banyuwangi adalah masjid sebagai tempat untuk ibadah khususnya sholat dan masjid sebagai tempat untuk mengkaji ilmu. Adapun bentuk kegiatan keagamaan di MAN 2 Banyuwangi meliputi: 1) kegiatan sholat dzuhur dan sholat dhuha berjama’ah, Pelaksanaan PHBI, Kajian Kitab, Kegiatan Istigosah, latihan hadrah, tarhib ramadhan, kultum, Tausiyah online dan ngaji kitab untuk santri asrama ma’had. 2) Untuk faktor pendukung dalam optimalisasi kegiatan pembinaan keagamaan di masjid At-ta’awun MAN 2 Banyuwangi meliputi: fasilitas dan pengelolaan sarana prasarana yang memadai, koneksi internet yang lancar serta adanya kesadaran dalam diri peserta didik dan semua pihak yang bersangkutan. Kemudian faktor penghambat dalam optimalisasi masjid sebagai sarana kegiatan kegamaan di MAN 2 Banyuwangi sebagai berikut: kegiatan keagamaan tidak dapat dilakukan secara serentak dalam satu waktu dan kurangnya kesadaran peserta didik dalam memanage waktu, peserta didik masih suka mengulur-ulur waktu dalam kegiatan pembinaan kegamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vina Alivia Lutfiani
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:34
Last Modified: 11 Jan 2024 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31939

Actions (login required)

View Item View Item