Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Ahmad, Sofi Wildan (2024) Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Sofi Wildan T20171378.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
AHMAD SOFI WILDAN, 2023. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Peserta didik Melalui Pembiasaan Salat Duha Di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023”.

Kata Kunci
:
Pendidikan Karakter, Pembiasaan, Salat Duha.

Pendidikan akhlak sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan akhlak atau pendidikan moral merupakan sikap atau perilaku baik yang harus tercermin dalam hati peserta didik yang kemudian diterapkan dalam bentuk tindakan. Permasalahan moral dan akhlak cukup memprihatinkan, berbagai kerusakan terjadi baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, maupun negara. Berbagai perilaku yang tidak mencerminkan akhlak yang mulia dilakukan oleh para generasi muda. Perilaku tersebut jika dibiarkan akan menghancurkan masa depan bangsa.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penanaman nilai karakter disiplin melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji 2) Bagaimana penanaman nilai karekter kejujuran melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji (3) Bagaimana penanaman nilai karakter tanggung jawab melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji. Tujuan studi meliputi (1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter disiplin melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji (2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter kejujuran melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji (3) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter tanggung jawab melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara serta dokumentasi dengan analisis data menggunakan reduksi, display data, dan verifikasi data dan dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Pada penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Penanaman nilai karakter disiplin melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji terdiri dari Disiplin dalam waktu, Disiplin dalam berpakaian, Disiplin dalam belajar, Disiplin dalam berperilaku; (2) Penanaman nilai karakter kejujuran melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji dapat dilakukan melalui pendekatan teoritis dan pendekatan spiritual. Untuk meningkatkan efektivitas dari pembiasaan salat duha, perlu didukung oleh kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan kejujuran; (3) Penanaman nilai karakter tanggung jawab melalui pembiasaan salat duha di MTs Al-Misri Curahmalang Rambipuji terdiri dari tanggung jawab pada diri sendiri dan tanggung jawab pada orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Sofi Wildan
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:52
Last Modified: 11 Jan 2024 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31941

Actions (login required)

View Item View Item