Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Power Point Untuk Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIC pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 3 Jember

Aprilia, Intan (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Power Point Untuk Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIC pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Intan Aprilia_T20181261.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran memiliki peranan penting dalam membentuk lingkungan belajar yang efektif, hal ini ditandai dengan adanya interaksi yang terjadi di dalam pembelajaran. Pada kelas VII C MTs Negeri 3 Jember memiliki permasalahan di dalam proses pembelajaran seperti kurang aktif, dan nilai yang diperoleh siswa masih dibawah standar KKM (71.00). Pada kelas VII yang merupakan masa peralihan dari jenjang SD ke MTs tentu menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Maka dari itu, melalui model pembelajaran STAD siswa dikenalkan pada pembelajaran secara berkelompok, dimana siswa diajarkan untuk mengingat dan memahami materi yang telah disampaikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni : 1) Bagaimana peningkatan keaktifan siswa kelas VII C pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media power point di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VII C pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media power point di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII C pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 3 Jember. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian yang memaparkan sebab-akibat dari suatu perlakuan sekaligus memaparkan apa saja yang terjadi ketika perlakuan diberikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII C MTs Negeri 3 Jember yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian diperoleh: 1) Penerapan pembelajaran STAD berbantuan media power point mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII C mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 3 Jember. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan pelaksanaan tahap pra siklus hingga siklus II. Pada peningkatan keaktifan belajar tahap pra siklus diperoleh nilai 49%, dan siklus I diperoleh nilai 75%. Siklus II diperoleh hasil 96%. Nilai tersebut mengalami peningkatan dan telah mencapai indikator yang di tentukan. 2) selain itu, dapat kita lihat adanya peningkatan hasil belajar siswa yang secara tidak langsung dipengaruhi juga dari peningkatan keaktifan belajarnya. Pada tahap pra siklus diperoleh rata-rata 67 dengan ketuntasan klasikal 34,6%, pada siklus I diperoleh rata-rata 77 dengan ketuntasan klasikal 77%. Sedangkan siklus II diperoleh rata- rata 86 dengan ketuntasan klasikal 92%.
Kata kunci : STAD, Hasil Belajar, Keaktifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Intan Aprilia
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:34
Last Modified: 11 Jan 2024 04:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31947

Actions (login required)

View Item View Item