Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Critical Thinking Skills Siswa Kelas X IPS MAN 2 Jember

Romlah Khoiriyah, Siti (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Critical Thinking Skills Siswa Kelas X IPS MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Siti Romlatul Khoiriyah_T20191415.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Romlatul Khoiriyah, 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Critical Thingking Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IPS X di MAN 2 Jember
Kata kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), critical thinking skills.
Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan kemampuan berpikir kritis untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari. Berdasarkan observasi awal peneliti terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang masih tergolong dibawah standar terhadap materi akidah akhlak diajarkan. Hal tersebut terlihat dari masih banyaknya siswa kelas X yang hanya menghafal, memahami, tanpa adanya pemikiran ke tahap selanjutnya yakni berpikir kritis. Sehingga peneliti berhipotesa dengan pemberlakuan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan critical thinking skills siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Dari permasalahan di atas, peneliti membuat rumusan masalah yaitu apakah dengan pemberlakuan model pembelajaran Problem Based Learning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap critical thinking skills siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember?
Adapun Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang berbasiskan pada masalah yang salah satu syaratnya ialah critical Thingking (berpikir kritis) Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap critical thinking skills siswa kelas X mata pelajaran akidah akhlak Madrasah Aliyah Negri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian quasi experiment pada dua sampel kelas. Kelas X IPS 2 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 4 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis pada penelitian ini dengan dua tahap, teknik analisis deskriptif dan teknik analisis iferensial menggunakan independent sample t- test pada aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan hasil penelitian) menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap critical thinking skills siswa kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Hal ini berdasarkan pada hasil independent sample t- test 0.009 yang berarti bahwa Sig< 0.05 sehingga H0 (tidak adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning) ditolak dan Ha (adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms Siti romlatul khoiriyah uin khas jember
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:47
Last Modified: 11 Jan 2024 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31963

Actions (login required)

View Item View Item