Efektivitas Pola Pembinaan Santri dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang

Azizah, Siti Nur (2024) Efektivitas Pola Pembinaan Santri dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Azizah_D20184034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pola pembinaan yang dilakukan dalam pondok pesantren dapat berupa pencegahan sebelum santri melakukan penyimpangan yang dilakukan, pembina pondok pesantren setelah santri melakukan penyimpangan dengan menggunakan ketentuan peraturan yang telah disepakati. Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang merupakan salah satu pondok pesantren yang berbasis salafiyah. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana pola pembinaan santri dalam membentuk akhlakul karimah di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. 2) Apa saja metode yang digunakan untuk menunjang pola pembinaan santri dalam membentuk akhlakul karimah di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. 3)Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pola pembinaan santri dalam membentuk akhlakul karimah di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang.Tujuan pada penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pola pembinan santri dalam membentuk akhlakul karimah di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. 2) Untuk mendeskripsikan metode yang digunakan untuk menunjang pembinaan santri dalam membentuk akhlakul karimah di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembinaan santri dalam membentuk akhlakul karimah di Pondok Pesantren Darun Najah Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan Model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil dari peneltian ini adalah 1) Pola pembinaan santri yang diterapkan menggunakan pola pembinaan akhlak yang efektif. Pola khusus pembinaan santri, yaitu: membina dan membimbing santri yang memiliki problem agar dapat mengatasi problem tersebut dengan tujuan agar santri memiliki semangat, militasi, kreatifitas, loyalitas dan jiwa yang berdedikasi tinggi. 2) Adapun metode yang diterapkan pondok pesantren darun najah dalam membentuk akhlakul karimah santri adalah uswah, pembiasaan, nasehat, pengawasan, ganjaran berupa hukuman dan metode hafalan. 3) Faktor pendukug terdapat dipondok pesantren dan juga yang memiliki kemauan tinggi untuk bisa mewujudkan pola pembinaan santri yang efektif. Faktor penghambat kurangnya sarana yang terdapat didalam pondok dan adanya siswa yang berasal dari lingkungan luar pondok yang juga ikut serta belajar didalam pondok pesantren.
Kata Kunci : Efektivitas, Pola Pembinaan Santri, Akhlakul Karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Siti Nur Azizah
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:26
Last Modified: 11 Jan 2024 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31985

Actions (login required)

View Item View Item