Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama (KUA) Pakusari Kabupaten Jember

Sania, Salsabila (2024) Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama (KUA) Pakusari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri K.H Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Sania Watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sania Salsabila, 2023: Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama (KUA) Pakusari Kabupaten Jember.
Kata Kunci: efektivitas, simkah, KUA.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis sebagai mahasiswa hukum terhadap sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) terbaru di KUA terlebih di Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember dimana saat ini telah berlaku SIMKAH Gen.4 yang masih belum banyak orang tahu bahwa saat ini mendaftar nikah sudah tidak perlu ke lokasi melainkan bisa dilakukan secara online, namun masih banyak masyarakat yang merasa kesulitan sehingga lebih memilih untuk menggunakan sistem yang dahulu.
Dengan ini permasalahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Pakusari masih sering terjadi masyarakat mendaftarkan langsung ke KUA, dan masih terdapat tingginya angka pernikahan dibawah tangan. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai keefektifan sistem manajemen nikah Gen.4 yang ada di KUA Pakusari, Kabupaten Jember.
Dari latar belakang tersebut muncul beberapa masalah: 1) Bagaimana penerapan sistem informasi manajemen nikah dalam meningkatkan pelayanan di Kantor Urusan Agama Pakusari Kabupaten Jember?; 2) Bagaimana efektivitas penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah dalam meningkatkan pelayanan di Kantor Urusan Agama Pakusari Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah dalam meningkatkan pelayanan di Kantor Urusan Agama Pakusari Kabupaten Jember; 2) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah dalam meningkatkan pelayanan di Kantor Urusan Agama Pakusari Jember.
Penelitian merupakan jenis penelitian empiris dan menggunakan pendekatan sosiologi hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah Gen.4 di KUA Pakusari sudah diterapkan sejak bulan Januari 2023, sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 1072 Tahun 2023 Tentang petunjuk pelaksanaan pengoperasian Sistem Informasi Manajemen Nikah. Sebelum pengoperasian SIMKAH Gen.4 digunakan, catin diharuskan melengkapi data-data dirinya dulu, kemudian pelaksanaan rafa’, setelah itu baru bisa mengoperasikan program SIMKAH Gen.4 sesuai yang dibutuhkan; 2) Keefektifan penerapan SIMKAH Gen.4 di KUA Pakusari masih kurang efektif sebab masyarakat yang kurang antusias terhadap penerapan SIMKAH Gen.4 selain itu juga terjadi kontradiksi antara kajian teori dengan hasil dilapangan. Seperti tidak terpenuhinya faktor masyarakat, faktor kebudayaan, faktor sarana dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Depositing User: Sania Sania Salsabila
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:49
Last Modified: 11 Jan 2024 04:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31994

Actions (login required)

View Item View Item