ANALISIS YURIDIS PERPANJANGAN MASA JABATAN KEPALA DESA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA

Riskiawan, Yuda (2024) ANALISIS YURIDIS PERPANJANGAN MASA JABATAN KEPALA DESA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yuda Riskiawan_S20193056.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Yuda Riskiawan, 2023 : Analisis Yurisis Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa Perspektif Undang-Undang No.6 Tahun 2014 Tentang Desa
Kata Kunci : Revisi Undang-Undang, Jabatan Kepala Desa, Pengaturan Masa Jabatan Kepala
Kepala Desa mempunyai kedudukan sebagai pemimpin desa yang bertanggung jawab dalam memakmurkan dan mensejahterakan desa. Kepala Desa merupakan aspek yang sangat berpengaruh terhadap berhasil tidaknya dalam membangun desa. Sebagai pemimpin pemerintahan desa, kepala desa harus mampu menjalankan tugasnya dengan dengan baik dan mampu mengatur kinerja pemerintahan desa untuk membangun desa yang makmur dan membuat masyarakat sejahtera. Sebagai pemimpin yang penuh amanah dalam mengurus dan membangun desa, kepala desa dibantu oleh perangkat desa dalam menangani segala urusan yang ada di desa.
Fokus penelitian: 1.) Apa faktor yang menjadi tujuan kepala desa dalam memperpanjang masa jabatannya menjadi 9 tahun? 2.) Bagaiman pengaturan masa jabatan kepala desa di tinjau dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa?
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui faktor yang menjadi tujuan kepala desa dalam memperpanjang masa jabatannya menjadi 9 tahun. 2.) Untuk mengetahui mengenai pengaturan masa jabatan kepala desa dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa
Jenis Penelitian ini berupa penelitian lapangan (Empiris).teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah 1. Faktor perpanjangan masa jabatan kepala desa yaitu adanya konflik pasca PILKADES yang membuat kepala desa sulit untuk melaksanakan proker yang ada, banyak kepala desa yang merasa masa jabatan kepala desa saat ini terlalu singkat untuk bisa mensosialisakian kerja yang ada perpanjangan masa jabatan dan kurangnya priodeseisasi dirasa banyak kepala desa dapat mengurangi biaya untuk melakukan kampanye. 2. Perevisian Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa pada Pasal 39 Ayat (1) dan (2) yang mengatur mengenai masa jabatan dan masa priodeisasi bukanlah satu-satunya cara agar kinerja kepala desa lebih maksimal, pemerintah bisa melakukan previsian pada syarat dan kualitas SDM yang akan menjabat menjadi kepala desa karna SDM yang baik dapat merubah kualitas dan kuantitas hidup masyarakat yang ada di pedesaan atau di kota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mister Yuda Riskiawan
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:35
Last Modified: 11 Jan 2024 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31998

Actions (login required)

View Item View Item