PERKAWINAN ENDOGAMI DI DESA GELANG ECAMATAN SUMBERBARU PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Achmad Rizatul, Umar (2023) PERKAWINAN ENDOGAMI DI DESA GELANG ECAMATAN SUMBERBARU PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Riza watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Riza, 2023: Perkawinan Endogami di Desa Gelang Kecamatan Sumberbaru Perspektif Hukum Islam
Kata Kunci: Perkawinan, Endogami, Hukum Islam

Perkawinan endogami adalah perkawinan antara kerabat yang dilakukan berdasarkan beberapa hal. Salah satu perkawinan endogami adalah dilakukan oleh masyarakat Madura yang hidup di Desa Gelang. Perkawinan ini dalam perkembangan zaman dijustifikasi sebagai perkawinan yang ketinggalan zaman, sehingga beberapa orang telah meninggalkan perkawinan dengan model demikian.
Fokus penelitian yang di bahas: 1) Apa yang menyebabkan perkawinan endogami terjadi di Desa Gelang Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana praktik perkawinan endogami terjadi di Desa Gelang Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember?, 3) Bagaimana dampak yang dapat ditimbulkan oleh pernikahan endogami terhadap pelaku pernikahan endogami di Desa Gelang Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember?.
Metode penelitian yang digunakan adalah merujuk pada problematika yang diangkat, maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat yuridis-empiris. Penelitian ini dilakukan di lokasi Desa Gelang. Melalui tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi, penjabaran dan penarikan kesimpulan terhadap data. Dan menggunakan metode triangulasi sebagai teknik mencari keabsahan data berupa triangulasi sumber dan teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Faktor yang menyebabkan perkawinan endogami terjadi di Desa Gelang Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember adalah dikarenakan adanya tiga faktor yaitu pertama adalah faktor harta berupa keinginan harta yang dikuasai agar tidak berpindah tangan. Kedua adalah faktor perjodohan sebagai tradisi yang sudah biasa di kalangan suku Madura. Ketiga adalah faktor keinginan untuk menjaga nasab. 2) Praktik perkawinan endogami terjadi di Desa Gelang Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember dilakukan dalam bentuk perkawinan berupa perikatan akad dengan seseorang yang masih memiliki ikatan kekerabatan atau masih dalam satu gars keturunan dari kakek atau buyut. 3) Dampak yang dapat ditimbulkan oleh pernikahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Depositing User: Mr Achmad Rizatul Umar
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:22
Last Modified: 12 Jan 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32003

Actions (login required)

View Item View Item