IMPLEMENTASI AKAD WADI'AH TERHADAP PRAKTIK TABUNGAN HARI RAYA DI DESA AMBULU KECAMATAN WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO

Riski, Muhammad (2024) IMPLEMENTASI AKAD WADI'AH TERHADAP PRAKTIK TABUNGAN HARI RAYA DI DESA AMBULU KECAMATAN WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Muhammad Riski watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Riski, Achmad Hasan Basri, 2023: Implementasi Akad Wadi’ah Terhadap Praktik Tabungan Hari Raya di Desa Ambulu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso.
Kata Kunci: Akad Wadi’ah, Tabungan Hari Raya.
Kegiatan Muamalah berupa tabungan hari raya merupakan tabungan yang marak terjadi dan perkembangannya semakin pesat, karena diyakini sebagai usaha yang menguntungkan. Minimnya pengetahuan masyarakat tentang bagaimana akad muamalah diterapkan dalam Islam membuat pihak-pihak tertentu melakukan kerugian atau penipuan. Oleh karena itu, dalam melakukan suatu akad, penting untuk memiliki kejelasan dan mencapai kesepakatan, terutama dalam akad muamalah.
Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana praktik tabungan hari raya di Desa Ambulu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana implementasi akad wadi’ah terhadap praktik tabungan hari raya di Desa Ambulu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Empiris dengan pendekatan Fenomenologi. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) praktik tabungan hari raya di Desa Ambulu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso dalam pengelolaan tabungannya dimanfaatkan oleh pengelola tabungan untuk kepentingan usahanya. Dari keuntungan usaha tersebut dijadikan sebagai sebagai bonus untuk penabung. Namun pemanfaatan tersebut tidak diketahui oleh penabung. 2) menurut implementasi akad wadi’ah pada praktik tabungan hari raya ini secara keseluruhan menggunakan konsep akad wadi’ah. Namun pada praktiknya terdapat syarat dan hukum yang tidak dilakukan. Tabungan hari raya tersebut menggunakan akad wadi’ah dhamanah yang artinya titipan tersebut bisa dimanfaatkan atas seizin dari penabung. Akan tetapi yang terjadi adalah pengelola tabungan tidak meminta izin dari pemanfaatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012711 al-Wadi’ah (Penitipan Barang atau Modal)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Riski Muhammad
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:08
Last Modified: 11 Jan 2024 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32009

Actions (login required)

View Item View Item