Perkembangan tahap-tahap kognitif anak usia 4-5 tahun melalui media papan flanel pada kelompok A di Raudhatul athfal muslimat NU 55 tekung lumajang

Sholehah, Lailatus (2023) Perkembangan tahap-tahap kognitif anak usia 4-5 tahun melalui media papan flanel pada kelompok A di Raudhatul athfal muslimat NU 55 tekung lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAILATUS SHOLEHAH _T20195042 (1) (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penilaian pra-penelitian yang dilakukan di Raudhatul Athfal Muslimat NU 55, Kelompok A, dalam konteks perkembangan kognitif anak-anak, mengungkapkan beberapa kekurangan dalam pematangan kognitif dibandingkan dengan pencapaian perkembangan yang diantisipasi. Penilaian ini menunjukkan adanya keterbatasan dalam pemahaman praktis tentang angka dan warna, sebagaimana dibuktikan oleh pengalaman sehari-hari anak-anak di lingkungan sekolah.
Fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana perkembangan kognitif anak usia dini dalam hal belajar dan pemecahan masalah melalui media papan flannel? (2) Bagaimana perkembangan kognitif anak usia dini dalam hal berfikir logis melalui media papan flannel (3) Bagaimana perkembangan kognitif anak usia dini dalam hal berfikir simbolik melalui media papan flannel?
Tujuan Penelitian ini yaitu : (1) mendeskripsikan perkembangan kognitif anak usia dini dalam hal belajar dan pemecahan masalah melalui media papan flannel? (2) mendeskripsikan perkembangan kognitif anak usia dini dalam hal berfikir logis melalui media papan flannel (3) mendeskripsikan perkembangan kognitif anak usia dini dalam hal berfikir simbolik melalui media papan flannel?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan studi kasus dan teknik penentuan subyek menggunakan purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model teknik interaktif Miles dan Huberman, meliputi: Pengumpulan data, Kondensasi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil Penelitian ini yaitu : (1) Penggunaan media papan flannel terbukti efektif dalam mendukung perkembangan kognitif anak usia dini. (2) Melalui media papan flannel memiliki dampak positif pada perkembangan kognitif anak usia dini, terutama dalam berfikir logis. (3) Penggunaan media papan flanel memberikan dampak positif terhadap perkembangan kognitif anak usia dini, khususnya dalam hal berfikir simbolik terkait pengenalan lambang bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Lailatus Sholehah
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:13
Last Modified: 11 Jan 2024 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32011

Actions (login required)

View Item View Item