Pembelajaran pendidikan agama islam dalam implementasi kurikulum merdeka pada program kesetaraan paket c studi: pusat kegiatan belajar masyarakat ar-rahman kota kediri tahun 2023

rahmatullah trhee, ahsina hakim (2023) Pembelajaran pendidikan agama islam dalam implementasi kurikulum merdeka pada program kesetaraan paket c studi: pusat kegiatan belajar masyarakat ar-rahman kota kediri tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Rahmatullah Trhee Ahsina Hakim_T20191150 (1).pdf

Download (8MB)

Abstract

Rahmatullah Trhee Ahsina Hakim: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Program Kesetaraan Paket C Studi: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Rahman Kota Kediri Tahun 2023.
Dosen Pembimbing: Akhmad Munir, S. Pd.I., M. Pd.I.
Kata Kunci: Pedidikan Agama Isam, Kurikulum Merdeka, Program Kesetaraan

Konsep Kurikulum Merdeka telah menjelma sebagai paradigma baru dalam proses pendidikan. Penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada konteks Pendidikan Kesetaraan muncul sebagai fenomena menarik yang perlu diungkap lebih mendalam. PKBM Ar-Rahman Kota Kediri merupakan salah satu lembaga nonformal yang menerapkan kurikulum merdeka.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dalam implementasi kurikulum merdeka pada program kesetaraan paket C di PKBM Ar-Rahman Kota kediri? 2) Bagaimana penerapan PAI dalam implementasi kurikulum merdeka pada program kesetaraan paket C di PKBM Ar-Rahman Kota kediri? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dalam implementasi kurikulum merdeka pada program kesetaraan paket C di PKBM Ar-Rahman Kota kediri?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran PAI dalam implementasi kurikulum merdeka pada program kesetaraan paket C di PKBM Ar-Rahman Kota kediri. 2) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran PAI dalam implementasi kurikulum merdeka pada program kesetaraan paket C di PKBM Ar-Rahman Kota kediri. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran PAI dalam implementasi kurikulum merdeka pada program kesetaraan paket C di PKBM Ar-Rahman Kota kediri.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kodensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Dalam menyusun perencanaan tutor diarahkan untuk mengikuti pelatihan suapaya dalam menyusun bisa sesuai dengan aturan yang berlaku. dalam penerapan kurikulum merdeka PKBM Ar-Rahman masuk dalam kategori merdeka berubah sehingga dalam pembelajaran menggunakan perangkat ajar yang disediakan oleh pemerintah. 2) sistem pembelajaran menggunakan sistem kredit kompetensi yang mana pembelajarannya menggunakan sistem tatap muka dan tutorial, serta belajar mandiri di rumah. Dalam penerapan pebelajaran tatap muka dant tutorial dilakukan dengan fleksibel dan bahasa yang sederhana. 3) Evaluasi pembelajaran terdapat 2 asesmen, yaitu asesmen formatif dan sumatif. Setelah lulus Ijazah pendidikan kesetaraan bisa diakui secara formal jika warga belajar mengikuti uji kesetaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rahmatullah trhee ahsina hakim
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:01
Last Modified: 11 Jan 2024 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32015

Actions (login required)

View Item View Item