IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK NOMOR 13 TAHUN 2020 TENTANG PERLINDUNGAN PEREMPUAN DARI KEKERASAN BERBASIS GENDER DALAM BENCANA DI KABUPATEN LUMAJANG

Rizal, Arik khoirur (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK NOMOR 13 TAHUN 2020 TENTANG PERLINDUNGAN PEREMPUAN DARI KEKERASAN BERBASIS GENDER DALAM BENCANA DI KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
ARIK KHOIRUR RIZAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Arik Khoirur Rizal, 2023: Implementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Perlindungan Perempuan Dari Kekerasan Berbasis Gender Dalam Bencana Di Kabupaten Lumajang
Kata Kunci : Permen PPPA Nomor 13 Tahun 2020, Kekerasan Berbasis Gender, perlindungan perempuan
Konteks penelitian ini dilatar belakangi karena pada lokasi bencana kabupaten Lumajang peneliti menemukan beberapa permasalahan diantaranya kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kekerasan berbasis gender dalam konteks bencana, keterbatasan akses perempuan terhadap layanan kesehatan, kurangnya koordinasi yang efektif antara lembaga terkait dan tim penanganan yang ada di lokasi, serta adanya kekerasan fisik yang menimbulkan rasa sakit akibat ditonjok, ditendang dan dipukul. Pada kekerasan tersebut tidak memandang batasan usia bahkan ibu lansai menjadi salah satu korban kekerasan.
Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana Implementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Nomor 13 tahun 2020 Tentang Perlindungan Perempuan Dari Kekerasan Berbasis Gender Dalam Bencana Di Kabupaten Lumajang? 2. Bagaimana kendala dan solusi terhadap implementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Nomor 13 tahun 2020 Tentang Perlindungan Perempuan Dari Kekerasan Berbasis Gender Dalam Bencana Di Kabupaten Lumajang?
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui Implementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Nomor 13 tahun 2020 atas perlindungan perempuan di Kabupaten Lumajang. 2. Untuk mengetahui kendala dan solusi terhadap implementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Nomor 13 tahun 2020 Tentang Perlindungan Perempuan Dari Kekerasan Berbasis Gender Dalam Bencana Di Kabupaten Lumajang.
Peneliti menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual, dengan jenis penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian di Kabupaten Lumajang. Subyek penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles dan Hubermen yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode.
Penelitian ini dapat memperoleh kesimpulan : 1) Pelaksanaan Permen di kabupaten lumajang sudah terlaksana tetapi kurang efektif dalam hal memberikan tempat pengungsian serta memberikan penanganan P3K. 2) Adapun kendalanya adalah beberapa relawan atau petugas Dinsos Kabupaten Lumajang yang kurang memahami prinsip penanganan KBG dan juga belum adanya pedoman pengintegrasian pencegahan dan penanganan KBG dalam bencana yang disepakati untuk menjadi acuan nasional. Sedangkan solusi yang dilakukan dalam menangani kendala tersebut yaitu membuat sekat atau satir dilokasi pengungsian untuk menghindari terjadinya kekerasan yang tidak di inginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mem Arik khoirur Rizal
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:45
Last Modified: 11 Jan 2024 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32017

Actions (login required)

View Item View Item