Perlindungan Konsumen Akibat Klausul Disclaimer Dalam Situs Internet

K. Vita, Rani (2024) Perlindungan Konsumen Akibat Klausul Disclaimer Dalam Situs Internet. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
K.VITARANI _S20192027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Perlindungan Konsumen,Klausul Disclaimer,Undang–Undang
Klausul disclaimer merupakan pengalihan tanggung jawab yang dilakukan oleh pelaku usaha dimana hal tersebut untuk membebaskan tanggung jawab yang semula dimiliki oleh pelaku usaha namun berpindah secara otomatis kepada konsumen sebab adanya klausul disclaimer.
Fokus Penelitian ini adalah:1)Apakah yang dimaksud dalam klausul disclaimer dalam hukum perjanjian? 2)Apakah klausul disclaimer dalam internet menurut hukum perlindungan konsumen? 3)bagaimana sampak pengaturan klausul disclaimer di masa yang akan datang?
Tujuan dari penelitian ini ialah:1).Mengetahui lebih luas mengenai klausul disclaimer dalam situs internet menurut hukum perjanjian. 2).Mengetahui serta memahami mengenai klausul disclaimer dalam situs internet menurut hukum perlindungan konsumen. 3).Memahami lebih dalam lagi mengenai dampak adanya pengaturan klausul disclaimer dalam situs internet untuk masa yang akan datang bagi pelaku usaha serta konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan perundang–undangan serta pendekatan konseptual. Analisis bahan hukum dengan menggunakan metode.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1).Keabsahan isi perjanjian dalam klausula baku yang masih berisi disclaimer menurut peneliti tidak dapat dianggap memenuhi syarat sahnya suatu perjanjian yaitu suatu sebab/kausa yang halal. 2).lalu mengenai klausul disclaimer yang jelas dilarang pencantumannya tercantum dalam pasal 18 ayat (1) undang–undang perlindungan konsumen. 3).Pencantuman klausul disclaimer ini menjadikan suatu dampak yang negatif akan menumbuhkan banyaknya problematika jika tidak secara tegas dilakukan pencegahan dan peraturan yang benar–benar jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180123 Litigation, Adjudication and Dispute Resolution
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: K. Vita Rani
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:41
Last Modified: 11 Jan 2024 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32019

Actions (login required)

View Item View Item