Pelayanan Jasa Pada Program Kartu Prakerja Di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Barosi, Achmad (2023) Pelayanan Jasa Pada Program Kartu Prakerja Di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Barosi_S20192061.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Achmad Barosi, 2023 : Pelayanan Jasa Pada Program Kartu Prakerja Di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso Perspektif Hukum Ekonomi Syariah
Kata kunci: Pelayanan Jasa, Program Kartu Prakerja, Hukum Ekonomi Syariah
Program prakerja merupakan suatu program yang diselenggarakan pemerintah dan ditujukan kepada masyarakat indonesia dengan tujuan untuk membantu masyarakat khususnya untuk orang yang akan mengikuti angkatan kerja produktif dan memungkinkan mengikuti pelatihan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan angkatan kerja di Indonesia. Masyarakat Desa Wringin menawarkan pelayanan jasa pendaftaran kartu prakerja, dimana pada praktiknya terdapat perjanjian yang melibatkan kedua belah pihak. Adapun akad dalam perjanjiannya menggunakan akad wakalah bil ujrah dan akad Ijarah.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana praktik pelayanan jasa pada program kartu prakerja di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso? 2. Bagaimana bentuk akad pelayanan jasa pada program kartu prakerja perspektif hukum ekonomi syariah?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan praktik pelayanan jasa pada program kartu prakerja di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. 2. Untuk mendeskripsikan bentuk akad pelayanan jasa pada program kartu prakerja perspektif hukum ekonomi syariah.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian empiris atau lapangan. Untuk menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive. Teknik untuk mengumpulkan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif serta keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1. Praktik pelayanan jasa pada program prakerja yang terjadi di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso yaitu penerima jasa menawarkan kepada pemberi jasa untuk mewakilkan dan mengelola datanya dalam mendaftarkan program kartu prakerja hingga menyelesaikan pelatihan kartu prakerja dengan sistem pembayaran imbalan pemberian upah yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak. Dimana pelayanan program kartu prakerja yang dimulai dari pendaftaran, gabung gelombang, memilih pelatihan, mengikuti pelatihan, memberi penilaian dan komentar, memperoleh insentif dan mengisi survei evaluasi. 2. Bentuk akad pelayanan jasa pada program kartu prakerja perspektif hukum ekonomi syariah dalam melakukan transaksi menggunakan akad ijarah dan wakalah bil ujrah. Dimana praktik program prakerja dalam menggunakan akad ijarah, pemberi kuasa menyerahkan pekerjaannya (sewa-menyewa) kepada penerima kuasa dengan adanya imbalan berupa upah (upah-mengupah). Sedangkan menggunakan akad wakalah bil ujrah, pemberi kuasa menyerahkan suatu untuk mewakilkan kuasa sepenuhnya kepada penerima kuasa. Dan setelah penerima kuasa menyelesaikan pekerjaannya maka pemberi kuasa memberi upah sebagai tanda pertolongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012709 al-Wakalah (Penyerahan Mandat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Barosi Achmad
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:06
Last Modified: 11 Jan 2024 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32020

Actions (login required)

View Item View Item