Peran Dinas Sosial Terhadap Perlindungan Lansia Terlantar Perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Jember

Maulidia, Izza Avcarina (2023) Peran Dinas Sosial Terhadap Perlindungan Lansia Terlantar Perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISI IZZA BARU_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Izza Avcarina Maulidia, 2023: Peran Dinas Sosial Terhadap Perlindungan Lansia Terlantar Perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Jember.

Kata Kunci: Dinas Sosial, Lansia Terlantar, Kesejahteraan Sosial.

Jumlah lanjut usia terlantar setiap tahunnya mengalami peningkatan, seperti halnya tahun 2022 jumlah lanjut usia terlantar mencapai angka 2062 orang, sehingga menimbulkan kekhawatiran karena lanjut usia adalah manusia yang memiliki kerentanan, maka dari itu perlu di perhatikan secara mendalam agar nantinya dapat di tanggulangi adanya peningkatan lanjut usia terlantar yang terjadi. Sehingga dapat di ketahui juga bagaimana peran dari Dinas Sosial Kabupaten Jember dalam menuntaskan permasalahan lanjut usia terlantar ini sebagaimana Peraturan Daerah Jember Nomor 8 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.
Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana Peran Dinas Sosial dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia terlantar di Kabupaten Jember? 2) Bagaimana Peran Dinas Sosial dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia terlantar di Kabupaten Jember Perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan Peran Dinas Sosial dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia terlantar di Kabupaten Jember 2) Untuk mendeskripsikan Peran Dinas Sosial dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia terlantar di Kabupaten Jember Perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Jember.
Jenis penelitian ini memakai metode penelitian empiris dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Peran Dinas sosial dalam memaksimalkan kesejahteraan lanjut usia terlantar di Kabupaten Jember yaitu: melakukan operasi simpatik di ruas jalanan kota atau wilayah kecamatan/desa, atau memperoleh klien lansia terlantar dari laporan masyarakat, melakukan identifikasi terhadap klien lanjut usia terlantar, melakukan pembinaan serta pelatihan, melakukan pengecekan kesehatan, mengembalikan ke keluarga (jika masih memiliki keluarga), 2) Dalam perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015, dalam pasal 20: pelayanan kesejahteraan sosial ayat (1): Keagamaan, Kesehatan, Pendidikan, Pelatihan, Bantuan sosial, Kesempatan kerja, Administrasi kependudukan, Pemakaman, Konsultasi, Advokasi sosial, Aksesibilitas, Kemudahan dan keringanan biaya dalam mendapatkan pelayanan umum. Dinas sosial telah melaksanakan beberapa strategi demi terselenggaranya kesejahteraan sosial lanjut usia terlantar hanya saja masih kurang maksimal, seperti halnya bantuan sosial, dalam hal pelatihan, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Izza Avcarina Maulidia
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:50
Last Modified: 11 Jan 2024 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32025

Actions (login required)

View Item View Item