PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KEWAJIBAN NAFKAH SUAMI TERHADAP KELUARGA (STUDI KASUS ISTRI SEBAGAI TULANG PUNGGUNG KELUARGA DI DESA GUNUNG MALANG JEMBER)

Deva frenesia, Deva (2024) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KEWAJIBAN NAFKAH SUAMI TERHADAP KELUARGA (STUDI KASUS ISTRI SEBAGAI TULANG PUNGGUNG KELUARGA DI DESA GUNUNG MALANG JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Deva Frenesia _S20191172.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di lingkungan masyarakat Desa Gunung Malang Kabupaten Jember, terdapat peristiwa di mana istri lebih dominan dalam memenuhi kebutuhan keluarga dibandingkan dengan peran yang seharusnya dijalankan oleh suami sebagai pemimpin dalam rumah tangga. Fenomena ini seringkali berkaitan dengan masalah ekonomi, karena ketidakmampuan suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga, yang kemudian mendorong istri untuk turut bekerja demi kelangsungan kehidupan keluarga.
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang ditimbulkan dalam hubungan rumah tangga apabila istri berperan sebagai tulang punggung keluarga serta untuk mengetahui bagaimana perspektif hukum Islam terhadap istri sebagai tulang punggung keluarga di Desa Gunungmalang Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan empiris. Pendekatan empiris ini seringkali disebut penelitian hukum sosiologis atau penelitian lapangan. Penelitian ini memiliki pembaharuan dari penelitian sebelumnya, yakni penggunaan teori berlandaskan pada fiqh munakahat atau fikih pernikahan serta menggunakan landasan Kompilasi Hukum Islam (KHI) atau sebuah kompilasi antara hukum Islam dengan undang-undang pernikahan.
Para keluarga di Desa Gunungmalang yang memiliki istri yang bekerja untuk mencari nafkah mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam hubungan rumah tangga tanpa mengurangi keharmonisan keluarga. Istri diperbolehkan memberikan nafkah kepada suami dan keluarganya serta tidak dipermasalahkan apabila para Istri membantu suami dan berperan dalam mencari nafkah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180101 Aboriginal and Torres Strait Islander Law
Depositing User: Ms Deva Deva
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:08
Last Modified: 11 Jan 2024 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32031

Actions (login required)

View Item View Item