Andani, Rahmi (2024) Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fikih pada Siswa Kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Rahmi Andani_T20181335.pdf Download (4MB) |
Abstract
Metode Drill merupakan kegiatan penerapan pembelajaran dengan memberikan latihan soal kepada siswa, kemudian siswa mempresentasikannya didepan kelas, hal ini dilakukan secara berulang-ulang hingga sebagian besar
bahkan seluruh siswa memahami materi yang telah dibahas. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah :1) Bagaimana Penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Fikih pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Ajaran 2021/2022?. 2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Metode Drill dalam meningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Fikih pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Ajaran 2021/2022?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan hasil Penerapan Implementasi Metode Drill dalam meningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Fikih pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Ajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan hasil pendukung dan penghambat Penerapan Metode Drill dalam meningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Fikih pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui beberapa cara yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Dari penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung yaitu: mengatasi kejenuhan dan kemonotonandalam pembelajaran, hasil belajar meningkat, siswa lebih aktif dalam pembelajaran. 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukung yaitu: peran guru, peran siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu: saran dan prasarana.
Kata kunci : Metode Drill , Hasil belajar siswa, Mata Pelajaran Fikih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Rahmi Andani |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 07:31 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 07:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32032 |
Actions (login required)
View Item |