Implementasi Asas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Perspektif Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Lumajang)

Islamiyah, Nur Salsabil (2024) Implementasi Asas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Perspektif Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Lumajang). UIN KHAS KAI HJ ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Salin1-SKRIPSI BILA PALING FIX.pdf

Download (50MB)

Abstract

Nur Salsabil Islamiyah, 2023: Implementasi Asas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Perspektif Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 8 Tahun 2016 (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Haryoto Lumajang)
Kata Kunci: Implementasi, Pelayanan Publik, Asas Penyelenggaraan
Pelayanan publik oleh instasi pemerintah Rumah Sakit Umum Daerah dr. Haryoto Lumajang sebagai salah satu sarana yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan kesehatan masyarakat. Pelaksanaan penyelenggara pelayanan publik di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Haryoto Lumajang dalam melayani pelayanan masih terdapat hambatan. Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 8 Tahun 2016 dalam Pasal 16 penerima pelayanan publik mempunyai hak mendapatkan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan asas-asas dan tujuan pelayanan publik serta sesuai standar pelayanan publik yang telah ditentukan.
Fokus penelitian:1) Analisis terhadap faktor efektivitas penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pelayanan Publik di RSUD dr. Haryoto Lumajang?. 2) Apa saja faktor penghambat kualitas pelayanan publik di RSUD dr. Haryoto Lumajang?. Tujuan Penelitian: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana implementasi asas penyelenggaraan pelayanan publik menurut Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 8 Tahun 2016 di RSUD dr. Haryoto Lumajang. 2. Untuk mengetahui dan mengkaji apa saja faktor penghambat kualitas Pelayanan Publik di RSUD dr. Haryoto Lumajang.
Metode penelitian ini bersifat yuridis empiris yang digunakan dalam pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan yurisprudensi sosiologis, yang berakar pada sosiologi hokum, telah digunakan untuk menganalisis keberadaan hukum positif dalam masyarakat. Pendekatan yurisprudensi sosiologis ini mempelajari aksi dan reaksi masyarakat terkait penerapan hukum dalam masyarakat.
Hasil penelitian ini berupa:1) Rumah Sakit Umum Daerah dr. Haryoto Lumajang telah menjalankan sesuai dengan standar pelayanan yang ada, dalam pelayanan yang diberikan RSUD dr. Haryoto Lumajang para petugas masih kurang optimal dalam menjalankan tugasnya. Mengenai jaminan waktu di RSUD dr. Haryoto Lumajang masih sering kali tidak sesuai dengan SOP. 2) Faktor yang menghambat pelaksanaan pelayanan publik yang ada di RSUD dr. Haryoto Lumajang berupa adanya miskomunikasi antara petugas dengan masyarakat dan kurangnya ketepatan janji petugas layanan dalam memberikan jaminan ketepatan waktu kepada masyarakat yang menerima layanan dan kurangnya tanggapan dari petugas layanan yang ada di RSUD dr. Haryoto Lumajang dalam menyelesaikan persoalan tidak adanya informasi yang diberikan mengenai terhambatnya proses pelaksanaan pelayanan publik di RSUD dr. Haryoto Lumajang.

Item Type: Other
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180121 Legal Practice, Lawyering and the Legal Profession
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180122 Legal Theory, Jurisprudence and Legal Interpretation
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Miss Nur Salsabil Islamiyah
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:41
Last Modified: 12 Jan 2024 01:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32034

Actions (login required)

View Item View Item