PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIDAYAH WULUHAN JEMBER

Naba'ul Husna, Nala (2023) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIDAYAH WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nala Naba’ul Husna.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nala Naba’ul Husna, 2023 : Penerapan Metode Sosisodrama Pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Darul Hidayah wuluhan Jember.
Kata Kunci : metode Sosiodrama. Hasil Belajar
Pembelajaran yang baik membuat peserta didik kreatif dalam melibatkan dirinya di keseluruhan pembelajaran. Berdasarkan observasi di MTs Darul Hidayah siswa kurang aktif dan tidak ada gerakan fisik yang muncul pada proses pembelajaran. Kurangnya minat dalam pembelajaran membuat siswa kurang memahami materi sehingga berdampak pada hasil belajar. Berdasarkan beberapa masalah di atas pendidik menerapkan Metode Sosiodrama pada pembelajaran Akidah Akhlak. Hal tersebut peneliti ingin meneliti lebih lanjut mengenai Penerapan Metode Sosiodrama pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII.
Fokus penelitian skripsi ini adalah : Bagaiamana penerapan metode sosiodrama Pada hasil belajar siswa aspek kognitif, Afektif, dan Psikomotorik mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Darul Hidayah Wuluhan Jember ? Tujuan penelitian ini adalah : Mendeskripsikan penerapan metode sosiodrama Pada hasil belajar siswa aspek kognitif, Afektif dan Psikomotorik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Darul Hidayah Wuluhan Jember
Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trigulasi sumber dan trigulasi teknik, serta analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil Penelitian Skripsi ini adalah : 1. penerapan metode sosiodrama Pada hasil belajar siswa aspek kognitif pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Darul Hidayah Wuluhan Jember yakni : a) meminta peserta didik untuk mengingat materi yang sudah dijelaskan sebelumnya. b) siswa dimintai untuk memahami materi dan petunjuk metode terlebih dahulu, c) siswa akan di arahkan untuk menggunakan metode sosiodrama. Hasilnya yakni : 1. Menguatkan daya ingat siswa, 2) pemahaman materi, 3) meningkatkan hasil belajar. 2. . penerapan metode sosiodrama Pada hasil belajar siswa aspek afektif pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Darul Hidayah Wuluhan Jember yakni : a) siswa di minta untuk memahami materi dan petunjuk metode sosiodrama, b) siswa akan diminta untuk bekerja sama dengan tim, c) siswa melaksanakan metode sosiodrama sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. 3. penerapan metode sosiodrama Pada hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Darul Hidayah Wuluhan Jember mengarahkan pada gerakan fisik siswa terhadap metode sosiodrama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nala Nala Naba'ul Husna
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:16
Last Modified: 11 Jan 2024 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32041

Actions (login required)

View Item View Item