IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MEMINIMALISIR DISTORSI PADA PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL KELURAHAN MANGLI KABUPATEN JEMBER

Hanik, Siti Umi (2024) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MEMINIMALISIR DISTORSI PADA PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL KELURAHAN MANGLI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI UMI HANIK-E20192060.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Distorsi Pasar, Pedagang
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Dengan persaingan yang begitu tinggi pelaku bisnis bisa menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan bahkan para pelaku bisnis sering mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya. Mekanisme pasar harus berjalan seimbang tanpa adanya unsur distorsi pasar. Pentingnya etika bisnis islam dalam aktivitas bisnis sangat penting untuk diterapkan, salah satunya untuk menghindari adanya praktik distorsi pasar. Adapun prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, kehendak bebas, keseimbangan, tanggungjawab dan ihsan. Distorsi pasar merupakan bentuk penyimpangan yang dilakukan oleh perilaku pedagang yang tidak sesuai dengan syariah islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dalam memahami etika bisnis islam dan bentuk-bentuk distorsi pasar. Adapun macam-macam dari distorsi pasar yaitu ihtikar, ba’i najasy, tadlis dan gharar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana implementasi Etika Bisnis Islam dalam meminimalisir distorsi pada pedagang di Pasar tradisional Kelurahan Mangli Kabupaten Jember? 2). Bagaimana dampak distorsi pada pedagang di Pasar Tradisional kelurahan Mangli Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Untuk mengetahui implementasi Etika Bisnis Islam dalam meminimalisir distorsi pada pedagang di Pasar tradisional Kelurahan Mangli Kabupaten Jember? 2). Untuk mengetahui dampak distorsi pada pedagang di Pasar Tradisional Kelurahan Mangli Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian di Pasar Tradisional Kelurahan Mangli Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan Pengumpulan data (data collection), Kondensasi data (data condensation), Penyajian data (data display), Penarikan konklusi dan Pembuktian (velification). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan: 1). Pedagang di Pasar Tradisional Mangli sebagian ada yang sudah memahami etika bisnis islam mereka percaya bahwa rezeki datangnya dari Allah SWT dan menerapkan etika bisnis islam yaitu dengan bersifat jujur dan adil kepada konsumen. Pedagang di Pasar Tradisional Mangli masih ada yang melakukan praktik distorsi pasar yaitu menimbun barang ketika harga rendah dan akan dijual kembali ketika harga melambung tinggi. 2). Terjadinya distorsi pasar ini mengakibatkan mekanisme pasar berjalan tidak seimbang dan akan berdampak pada penjual misalnya tidak ada keberkahan dalam usahanya serta merugikan pihak orang lain (konsumen).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Distorsi Pasar, Pedagang
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Depositing User: Mrs Siti Umi Hanik
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:02
Last Modified: 12 Jan 2024 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32057

Actions (login required)

View Item View Item