TUGAS KEPALA DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN UNTUK MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF POLITIK ISLAM (STUDI DI DESA PAKIS KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER)

Moch.febry, fitriawan (2024) TUGAS KEPALA DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN UNTUK MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF POLITIK ISLAM (STUDI DI DESA PAKIS KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOCH.FEBRY FITRIAWAN FIX 3x.pdf

Download (2MB)

Abstract

Moch.Febry Fitriawan, 2023: Tugas Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Politik Islam (Studi di Desa Pakis Kecamatan Panti Kabupaten Jember).
Tugas Kepala Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat perspektif politik Islam meliputi mengoordinasikan, merencanakan, dan mengelola upaya-upaya pembangunan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa yang dipimpinnya, menjalankan berbagai pengelolaan desa, membina serta membangun dan memberdayakan masyarakat setempat, merencanakan pembangunan di desa sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat, menyusun program dan proyek pembangunan yang akan meningkatkan kualitas hidup warga desa, memastikan kebijakan pembangunan yang diambil berlandaskan pada prinsip-prinsip siyasah yang adil dan berkeadilan, mengidentifikasi kebutuhan dan aspirasi masyarakat dalam pembangunan kesejahteraan desa, memastikan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pengambilan keputusan pembangunan desa.
Fokus Penelitian dalam Skripsi ini adalah (1). Apa saja tugas dan tanggung jawab Kepala Desa dalam membangun kesejahteraan masyarakat di Desa Pakis berdasarkan perspektif politik Islam. (2). Bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pembangunan desa di Desa Pakis. (3). Apa saja kebijakan dan program yang perlu dijalankan oleh Kepala Desa untuk mengoptimalkan sumber daya alam dan manusia di Desa Pakis berdasarkan prinsip-prinsip Islam.
Tujuan Penelitian ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan tugas dan tanggung jawab Kepala Desa dalam membangun kesejahteraan masyarakat di Desa Pakis berdasarkan perspektif politik Islam. (2). Untuk mendeskripsikan Bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pembangunan desa di Desa Pakis. (3). Untuk mendeskripsikan kebijakan dan program yang perlu dijalankan oleh Kepala Desa untuk mengoptimalkan sumber daya alam dan manusia di Desa Pakis berdasarkan prinsip-prinsip Islam
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif pendekatan Studi kasus. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan bahan hukum menggunakan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis bahan hukum menggunakan model intraktif model Milles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan: (1). Tugas Kepala Desa di Desa Pakis, sesuai politik Islam, mencakup pengelolaan pemerintahan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat. Mereka bertanggung jawab menjaga keadilan, kesejahteraan, serta memantau pembangunan. Observasi menunjukkan upaya positif dalam pengembangan pariwisata. Al-Quran, seperti Surah An-Nisa (4): ayat 75, menekankan pentingnya keadilan dalam masyarakat, sesuai dengan peran Kepala Desa dalam mensejahterakan komunitas. Namun, implementasi nilai-nilai Islam dalam tindakan mereka perlu ditingkatkan, terutama dalam aspek akuntabilitas dan keadilan untuk seluruh masyarakat. (2). Strategi untuk meningkatkan partisipasi melibatkan pertemuan dan dialog partisipatif dengan berbagai kelompok masyarakat. Kepala desa harus mencari masukan dari beragam kelompok dan menciptakan lingkungan inklusif. Dalam perencanaan pembangunan, perlu memperhatikan faktor pendukung dan penghambat partisipasi masyarakat serta meningkatkan kemampuan perencana di tingkat desa. Partisipasi masyarakat juga kunci dalam pengelolaan keuangan desa yang baik. (3). Kepala Desa memiliki tanggung jawab besar dalam mengoptimalkan sumber daya alam dan manusia di Desa berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Ini mencakup peningkatan pendapatan masyarakat, transparansi dalam pengelolaan keuangan desa, pengembangan ekonomi berbasis syariah, pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, partisipasi aktif masyarakat, dan pemberdayaan berbagai kelompok dalam masyarakat desa. Semua ini sejalan dengan Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 71 dan 78 dan bertujuan untuk menciptakan pembangunan desa yang berkelanjutan dan inklusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mr moch.febry fitriawan
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:16
Last Modified: 12 Jan 2024 06:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32062

Actions (login required)

View Item View Item