IMPLEMENTASI AKAD AS-SALAM DALAM PRAKTEK JUAL BELI ONLINE MELALUI SISTEM RESELLER PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH PADA USAHA DIAN SHOP JEMBER

Islami, Nur Imamatul (2024) IMPLEMENTASI AKAD AS-SALAM DALAM PRAKTEK JUAL BELI ONLINE MELALUI SISTEM RESELLER PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH PADA USAHA DIAN SHOP JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NUR IMAMATUL ISLAMI (WATERMARK).pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Imamatul Islami, 2023: Implementasi Akad As-Salam Dalam Praktek Jual Beli Online melalui Sistem Reseller Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Pada Usaha Dian Shop Jember.

Kata Kunci: Implementasi Akad As-Salam, Reseller, Hukum Ekonomi Syariah

Jual beli salam mempunyai ciri khas yakni pertama membayar uang kepada penjual terlebih dahulu, dan kemudian menyerahkan barangnya dikemudian hari. Seperti halnya penjualan dalam akad as-salam rukun dan syaratnya harus dipenuhi. Peneliti telah mengidentifikasi objek pada Dian Shop Jember. Hal ini dikarenakan saya ingin mengetahui secara langsung dan detail bagaimana penerapan akad salam sendiri di toko online tersebut.
Fokus penelitian yang diamati ialah: 1) Bagaimana implementasi akad as-salam dalam praktek jual beli online melalui sistem reseller pada Dian Shop Jember? 2) Bagaimana implementasi akad as-salam dalam praktek jual beli online melalui sistem reseller perspektif hukum ekonomi syariah pada usaha Dian Shop Jember?
Tujuan dari penulis yang diteliti yakni: 1) untuk mengkaji implementasi akad salam dalam praktek jual beli online melalui sistem reseller pada usaha Dian Shop Jember 2) untuk mengkaji implementasi akad salam dalam praktek jual beli online melalui sistem reseller perspektif hukum ekonomi syariah pada usaha Dian Shop Jember.
Penelitian kulaitatif deskriptif dengan tektik pengumpulan data melalu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi memberikan pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang diteliti.
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Implemetasi akad salam pada Dian Shop Jember sesuai dengan rukun dan syarat akad salam, dalam praktek jual beli online barang pesanan jelas jenis, ukuran, kualitas, warna. Mengenai harga disepakati diawal akad oleh pembeli dan penjual, harga tidak dapat berubah selama jangka waktu akad, alat pembayaran dan nominal pembayaran jelas. Dalam melakukan pengiriman barang pesanan kepada konsumen sesuai dengan waktu yang sudah disepakati antara penjual dan pembeli. 2) Implementasi akad salam pada jual beli online di Dian Shop Jember sesuai dengan ketentuan-ketentuan hukum ekonomii syariah. Pada praktek jual beli onlinennya sudah jelas antara penjual dan pembeli yang melakukan akad terlebih dahulu, adapun barang yang dijual belikan sudah jelas jenis, takaran, warna, dan kualitasnya. Untuk pembayaran dilakukan diawal sesuai dengan harga yang ditetapkan, sedangkan pengiriman barang akan diserahkan kemudian hari kepada konsumen. Praktek jual beli online pada Dian Shop Jember dengan menerapkan akad salam tidak ada unsur kezhaliman, kecurangan, penipuan karena sudah memenuhi rukun dan syaratnya. Jadi jual beli online yang ada di Dian Shop Jember dengan menerapkan akad salam hukumya halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Imamah Nur Imamatul Ulfa
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:02
Last Modified: 12 Jan 2024 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32063

Actions (login required)

View Item View Item