Jual Beli Kain Pesanan Dengan Sistem Rework Dan Reject Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Toko Mazida Textile Denpasar Bali)

Safira, Kamila zenna (2024) Jual Beli Kain Pesanan Dengan Sistem Rework Dan Reject Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Toko Mazida Textile Denpasar Bali). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kamila Zenna Safira (S20192119).pdf

Download (16MB)

Abstract

Jual beli pesanan adalah kegiatan yang dalam pengaturan pembayarannya dilakukan terlebih dahulu dan barang yang dipesan akan diberikan dikemudian hari dengan menyebutkan spesifikasi barang sesuai dengan kesepakatan bersama. Pelaksanaan jual beli kain pesanan dengan sistem rework dan reject yang ada di Toko Mazida Textile maksudnya adalah ketika terjadi kesalahan pada kain pesanan tersebut, maka pembeli bisa menentukan dilakukannya perbaikan kembali (rework), jika setelah dilakukannya perbaikan ulang dan kain pesanan masih terdapat kesalahan maka pembeli memiliki hak untuk membatalkan atau tetap melanjutkan jual beli sesuai kesepakatan (reject).
Fokus masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan jual beli kain pesanan dengan sistem rework dan reject di Toko Mazida Textile Denpasar Bali dalam pandangan Hukum Ekonomi Syariah? 2) Bagaimanakah hak khiyar dalam pelaksanaan jual beli kain pesanan menggunakan sistem rework dan reject di Toko Mazida Textile Denpasar Bali dalam pandangan Hukum Ekonomi Syariah?
Sedangkan arah penelitian yang akan dituju adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah pelaksanaan jual beli kain pesanan dengan sistem rework dan reject di Toko Mazida Textile Denpasar Bali dalam pandangan Hukum Ekonomi Syariah dan untuk mendeskripsikan hak khiyar dalam pelaksanaan jual beli kain pesanan menggunakan sistem rework dan reject di Toko Mazida Textile Denpasar Bali dalam pandangan Hukum Ekonomi Syariah
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Dalam pelaksanaan jual beli kain pesanan di Toko Mazida Textile Denpasar Bali menggunakan sistem rework dan reject, yang mana jika terdapat kesalahan pada kain pesanan maka bisa dilakukan adanya perbaikan ulang atau rework, dan jika setelah diperbaiki masih terdapat kesalahan maka bisa dibatalkan atau tetap dilanjutkan sesuai dengan kesepakatan bersama atau reject. Dalam akadnya masuk kepada akad salam, dan dalam pelaksanaan sistem rework dan rejectnya berkaitan dengan hak khiyar. 2) Adanya hak khiyar dalam jual beli kain pesanan menggunakan sistem rework dan reject dapat terjadi karena didasari adanya syarat dari pihak Toko Mazida Textile Denpasar Bali, hal tersebut sesuai dengan khiyar syarat, menurut ulama fikih khiyar syarat ialah hak untuk meneruskan atau membatalkan akad jual beli dengan adanya syarat tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180124 Property Law (excl. Intellectual Property Law)
Depositing User: Kamila Zenna Safira
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:44
Last Modified: 12 Jan 2024 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32064

Actions (login required)

View Item View Item