Implementasi Fungsi Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bondowoso Dalam Penyusunan Anggaran Daerah di Bidang Infrastruktur Jalan

Rizal Basri, Muhammad (2024) Implementasi Fungsi Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bondowoso Dalam Penyusunan Anggaran Daerah di Bidang Infrastruktur Jalan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Rizal Basri S20183115.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Rizal Basri, 2023: Implementasi Fungsi Anggaran Dewan Perwakila Rakyat Daerah Kabupaten Bondowoso dalam Proses Penyusunan Anggaran Daerah Dibidang Infrastruktur Jalan. Skripsi. Program Studi Hukum Tata Negara. Fakultas Syariah. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Kata Kunci: Fungsi Anggaran, Penyusunan Anggaran, Infrastruktur Jalan
Infrastruktur jalan merupakan hal pokok yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Banyaknya infrastruktur jalan yang rusak akan sangat mengganggu terhadap kegiatan masyarakat untuk menjalankan roda kehidupan sehari-harinya, baik kegiatan ekonomi, pendidikan dan lain-lainnya. Kabupaten Bondowoso merupakan daerah yang terdapat masalah dengan banyaknya infrastruktur jalan yang rusak.
Dengan hal tersebut fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi fungsi Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bondowoso dalam penyusunan anggaran daerah Untuk meningkatkan infrsatruktur jalan? 2) Apa yang menjadi kendala Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bondowoso dalam melaksanakan fungsi anggaran dalam penyusunan anggaran daerah untuk meningkatkan infrastruktur jalan? 3) Bagaimana upaya Perwakilan Rakyat Daerah Bondowoso dalam melaksanakan fungsi anggaran dalam penyusunan anggaran daerah untuk meningkatkan infrastruktur jalan?
Jenis penelitian dalam penelitian ini berupa yuridis empiris karena peneliti ingin mengetahui secara langsung proses yang terjadi di lapangan, dengan pendekat perundang-undangan (statute Approach) . Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, data primer berupa hasil observasi, dan wawancara, dokumentasi. Dan data sekunder yang berupa undang-undang, buku, jurnal dan karya ilmiah yang terkait. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bondowoso.
Hasil penelitian skripsi ini memperoleh kesimpulan berupa: 1) Fungsi Anggaran DPRD dalam proses penyusunan anggaran di implementasikan dalam proses pembahasan dan memberikan persetujuanAPBD dan pembahasan KUA dan PPAS, dan pembahasan RAPBD dan . memberikan masukan berupa pokok-pokok pikiran dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. 2) Hambatan yang di hadapi oleh DPRD dalam pengimplementasian fungsi anggaran dalam penyusunan anggaran daerah di kabupaten bondowoso yaitu, kurangnya kordinasi, kurangnya keaktifan DPRD dan sudah banyaknya anggaran yang terserap untuk belanja pegawai. 3) Upaya yang dilakukan oleh DPRD dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu, meningkatkan kordinasi, memberikan pemahanan tentang fungsi anggaran, dan meningkatkan anggaran untuk infrastruktur jalan lewat dana pokok-pokok pikiran DPRD dan mendorong dan membantu bupati untuk meningkatkan PAD dan mendorong dan membantu bupati untuk mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180109 Corporations and Associations Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Muhammad Rizal Basri
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:19
Last Modified: 12 Jan 2024 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32066

Actions (login required)

View Item View Item