Upaya guru akidah akhlak dalam meminimalisir tindakan bullying di MTs Daruttarbiyah Banjarwaru Kalipuro Banyuwangi tahun ajaran 2023\2024

rizka maulina, rizka maulina (2024) Upaya guru akidah akhlak dalam meminimalisir tindakan bullying di MTs Daruttarbiyah Banjarwaru Kalipuro Banyuwangi tahun ajaran 2023\2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZKA MAULINA T20191476.pdf

Download (1MB)

Abstract

Informasi belakangan banyak viral tindakan bullying di sekolah yang mengakibatkan trauma hingga berlanjut kepada kematian pada korban yang bunuh diri dikarnakan depresi karna mendapatkan perlakuan bullying. Tindak bullying menyebabkan terhambatanya perkembangan siswa dan sekolah. Sekolah guru telah menerangkan hingga mengajarkan mengenai ilmu tentang baik buruknya perilaku kepada sesama, seperti yang termuat dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan akidah akhlak jika dalam lembaga pendidikan yang berbasis agama islam. Namun kejadian seperti bullying tetap terjadi meskipun telah dibina dan di bimbing guru. Peneliti memilih Lembaga Pendidikan Madrasah dikarnakan terdapat berita dikalangan masyarakat mengenai tindakan bullying di lembaga tersebut.
Pernyataan di atas membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam meminimalisir tindak bullying di sekolah dengan fokus yang digunakan yaitu : 1. Bagaimana upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam meminimalisir tindakan bullying di MTs daruttarbiyyah Banjarwaru Kalipuro Banyuwangi tahun ajaran 2023/2024?, 2. Apa hambatan dan solusi dalam upaya meminimalisir tindakan bullying di MTs daruttarbiyyah Banjarwaru Kalipuro Banyuwangi tahun ajaran 2023/2024?.
Metode yang dipergunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teori dari seorang ahli yang bernama john w. creswell dengan pendekatan fenomenologi dan untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakn triangulasi yaitu triangulasi teknik.
Temuan yang di dapat peneliti antar lain: 1. upaya guru akidah akhlak dalam memnimimalisir tindak bullying ialah dengan mengunakan 2 upaya yaitu preventif yang meliputi dan represif yang meliputi . 2. hambatan yang kerap terjadi ialah anggapan enteng dari siswa dan respon orang tua yang kurang mendukung guru. Solusi dari hambatan yang terjadi yaitu permasalahan mengenai anggapan enteng dari siswa ialah dengan tegas menindak lajuti dan mempunyai batasan-batasan dan untuk permasalahan wali murid yang kurang mendukung program guru ialah denganmengunjungi kediaman wali murid dan berkomunikasi secara pribadi ketika pengambilan raport.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Rizka Maulina
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:13
Last Modified: 12 Jan 2024 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32076

Actions (login required)

View Item View Item