Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Siswa Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Bahar Wringin Bondowoso

IBNI AMILIA, ROSA (2023) Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Siswa Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Bahar Wringin Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ibni Amilia Rosa NIM. 20171133 fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ibni Amalia Rosa, 2023: Kerja sama Guru Dan Orang Tua Siswa Dalam
Meningkatkan Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Zainul Bahar Wringin
Bondowoso.
Keberhasilan dalam pembelajaran salah satunya di pengaruhi oleh
suasansa belajar yang berkualitas. Suasana belajar yang berkualitas dapat
diwujudkan dengan adanya kerja sama antara guru dan orang tua. Kerja sama guru
dan orang tua sangat penting dalam pembinaan karakter siswa. Kerja sama
melalui komunikasi dan perhatian kepada siswa membantu tercapainya tujuan
yang diharapkan dalam pembinaan karakter.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bentuk kerja
samaguru dan orang tuasiswa dalam meningkatkan karakter siswa di MTs Zainul
Bahar Wringin Bondowoso? 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan
penghambat dalam kerja sama guru dan orang tuasiswa dalam meningkatakan
karakter siswa di MTs Zainul Bahar Wringin Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Mendeskripsikan bentuk kerja sama guru
dan orang tuasiswa dalam meningkatkan karakter siswa di MTs Zainul Bahar
Wringin Bondowoso 2) Mendeskripsikan faktor prndukung dan penghambat
dalam proses kerja sama guru dan orang tua siswa dalam meningkatkan karakter
siswa di MTs Zainul Bahar Wringin Bondowoso
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi
partisipasif, dan dokumentasi.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan
Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.Keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan peneliti, yaitu: 1. Bentuk kerja
sama guru dan orang tua siswa dalam meningkatkan karakter siswa di MTs Zainul
Bahar Kerja sama guru dan orang tua siswa dilakukan dalam kegiatan-kegiatan
yang dilakukan bersama antara orang tua, guru dan siswa diantaranya, a.
Kunjungan ke rumah murid, b. Pertemuan guru dan orang tua di sekolah, c.
Mengantarkan surat untuk orang tua siswa, d. Adanya daftar nilai atau raport. 2.
Faktor pendukung dan penghambat antara guru dan orang tua siswa dalam
meningkatkan karakter siswa di MTS Zainul Bahar yaitu: a. Faktor pendukungnya
adalah keterlibatan orang tua mendukung upaya guru dalam membina kerja sama
dan juga adanya sarana dan prasarana disekolah yang dimanfaatkan oleh guru
dalam membina kerja sama dengan orang tua. b. Faktor pengambatnya yaitu
kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan dan perkembangan
karakter siswa, dan kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua, dan
sebagian orang tua belum biasa meluangkan waktunya untuk hadir dalam
mengikuti kumpulan antara guru dan orang tua.
Kata Kunci: Kerja sama Guru dan Orang Tua, Karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ibni Amilia Rosa
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:43
Last Modified: 12 Jan 2024 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32078

Actions (login required)

View Item View Item