Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film horor "Qorin"

Sutondo, Farkhatina Abadiyah (2024) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film horor "Qorin". Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Farkhatina .pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam perkembangan kemajuan teknologi, seorang pendidik di tuntut untuk selalu mampu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Realita dalam dunia pendidikan kebanyakan siswa lebih tertarik melihat tontonan video atau film, Dalam hal ini film menjadi salah satu alat untuk memberikan sebuah pesan kepada penonton khususnya siswa. Salah satu film yang memiliki pesan pendidikan islam di dalamnya adalah film horor “Qorin”.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagaimana berikut. 1) Apa saja nilai-nilai akidah dalam film horor Qorin? 2) Apa saja nilai-nilai ibadah dalam film horor Qorin? 3) Apa saja nilai-nilai akhlak dalam film horor Qorin? 4) Apa saja nilai-nilai kemasyarakatan dalam film horor Qorin?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai akidah dalam film horor Qorin. 2) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai ibadah dalam film horor Qorin. 3) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai akhlak dalam film horor Qorin. 4) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai kemasyarakatan dalam film horor Qorin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research, pengumpulan data yang digunakan yakni teknik dokumentas. Analisis data menggunakan Content analysis (analisis isi) dan menggunakan triangulasi investigator sebagai keabsahan data.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Terdapat adegan dalam film horor Qorin yang mengandung nilai-nilai pendidikan islam yang berimplikasi pada nilai akidah, yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada kitab Allah dan iman kepada Qadha dan Qadar. 2) Terdapat adegan yang mengandung nilai-nilai pendidikan islam yang berimplikasi pada nilai ibadah, yang meliputi sholat, berdzikir dan membaca Al-Qur’an. 3) Terdapat adegan yang mengandung nilai-nilai pendidikan islam yang berimplikasi pada nilai akhlak, yang meliputi sabar, memaafkan orang lain, jujur, ikhlas. 4) Terdapat adegan yang mengandung nilai-nilai pendidikan islam yang berimplikasi pada nilai kemasyarakatan, yang meliputi bertanggung jawab, peduli dan musyawarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Farkhatina Abadiyah Sutondo
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:24
Last Modified: 12 Jan 2024 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32082

Actions (login required)

View Item View Item