Impelmentasi Pengawasan Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup Berdasarkan UU No 32 Tahun 2009 Di Kabupaten Jember

Hevty Tarisa Ramadani, Tarisa (2000) Impelmentasi Pengawasan Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup Berdasarkan UU No 32 Tahun 2009 Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Hevty Tarisa Ramadani S20183034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan pasal 1 angka (2) undang-undang 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan UU PPLH adalah upaya terpadu dan sistematis yang dilakukan untuk melestarikan lingkungan hidup dan mecegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perecanaan, pengendalian, pemanfaatan, pemerliharaan, pengawasan, penegakan hukum.
Adapun fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1(bagaimana pelaksaaan pengawsan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan UU No 32 tahun 2009 (studi kasus kabupaten jember) ? 2(bagaimana kendala dalam melaksanakan pengawasan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan No. 32 tahun 2009 (Studi kasus kabupaten Jember)?. Pengelolaan sampah dikabupaten jember masih di temui beberapa masakh seperti timbunan sampaj pengaturan limbah domestik.
Adapun Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menganalisis data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahwa kurang sadarnya masyarakat dalam memenuhi atas lingkungan hidup yang baik dan sehat dilakukan melalui upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Kesimpulan dari penelitian diatas yaitu 1) Pelaksanaan dilakukan secara lansung atau tidak lansung pejabat pengawas lingkungan hidup (PPLH). Pelaksanaan pengawasan dilakukan secara preventif dalam bentuk sosialisai ke masyarakat, pengawasan langsung dilakukan pada pelaksanaan kegiatan atau event-event dilapangan pengawasan juga dilakukan pada pengelolaan limbah B3 pada pabrik- pabrik. 2) Kendala dalam pelaksanaan pengawasan ini adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya. Dan kurang nya fasilitas sarana prasarana menunjang kebersihan lingkungan yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ramadani Hevty Tarisa Uinkhasjember
Date Deposited: 12 Jan 2024 09:31
Last Modified: 12 Jan 2024 09:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32090

Actions (login required)

View Item View Item