Analisis Yuridis Pemilihan Umum Serentak Di Indonesia dan Australia

Imaniar Isfaraini, Imaniar (2024) Analisis Yuridis Pemilihan Umum Serentak Di Indonesia dan Australia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Shiddiq Jember.

[img] Text
imaniar skripsi water mark mater fix.pdf

Download (630kB)

Abstract

Pemilu serentak yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia pada Tahun 2019 merupakan tonggak bersejarah dalam dinamika politik negara ini. Skripsi ini mengakaji bagaimana pelaksanaan pemilu serentak berdasarkan regulasi UU Pemilu yakni UU No.7 Tahun 2017 Tentang Pemilu dan Putusan Mahkamah Konstitusi No.14/PUU-XI/2013. Penelitian ini juga mengeskplorasi kendala pemiliha umum serentak , stabilitas politik, dan partispasI warga negara serta perbandingan pemilu serentak yang dilaksanakan di Indonesia dan negara Australia.
Fokus permasalahan yang diamati ialah : (1) Bagaimana evaluasi pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2019? (2) Bagaimana Analisis Yuridis Pelaksanaan Pemilu Serentak berdasarkan Undang-Undang No.7 Tahun 2017? (3) Bagaimana perbandingan pemilu serentak di Indonesia dengan Australia? Jenis penelitian yang digunakan ialah yuridis normatif. Maka sumber data didapatkan melalui cara melakukan penelusuran terhadap beberapa literatur dan sejumlah peraturan serta beberapa norma yang mempunyai keterkaitan terhadap permasalahan yang akan diteliti, dalam penelitian ini bersumber dari sejumlah buku yang mengkaji terkait pemekaran daerah, keadilan, ilmu perundang-undangan yang memiliki keterkaitan dengan penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) untuk mencapai tujuan konstitusi untuk pemilu yang efektif dan efisien serta mengurangi resiko tumpang tindih harus disusun kerangka peraturan yang meliputi persiapan sistem pemilu yang matang (2) melalui putusan MK No. 14/PUU-XI/2013 dapat diketahui bahwa hakim mencerminkan cara yang baik dalam mempertimbangkan berbagai faktor hukum dan fakta dalam pengambulan keputusan yang penting bagi demokrasi di Indonesia. (3) Keberhasilan pemilu serentak harus memerlukan kolaboratif yang kuat untuk memastikan pemilu yang adil dan bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180109 Corporations and Associations Law
Depositing User: Imaniar Isfaraini Isfaraini
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:48
Last Modified: 12 Jan 2024 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32091

Actions (login required)

View Item View Item