Pemenuhan Hak warna negara untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat (Studi kasus atas dampak limbah cair pabrik perusahaan daerah perkebunan sumber wadung desa hajomulyo kecamatan silo kabupaten jember)

Hamidatul Rodiah, Mida (2000) Pemenuhan Hak warna negara untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat (Studi kasus atas dampak limbah cair pabrik perusahaan daerah perkebunan sumber wadung desa hajomulyo kecamatan silo kabupaten jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Hamidatur Rodiah S20183025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lingkungan yang baik dan sehat sangat diperlukan bagi pemenuhan hak-
hak warga negara dalam kehidupan normal. Dalam Undang-undang No 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkugan hidup yang menimbulkan suasana tidak sehat dan berdampak pada masyarakat kurang pengawasan serta mengganggu kesehatan akibat bau yang mengganggu, dipabrik Perusahaan Perkebunan Daerah (PDP) Sumber Wadung di Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, menghasilkan limbah cair yang diharapkan dapat menjaga lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan masyarakat setempat.
Rumusan masalah dalam skripsi ini memiliki 2 fokus penenlitian yaitu: 1). Bagaimana Sistem tata kelola limbah cair pabrik perusahaan daerah perkebunan sumber wadung di kecamatan silo kabupaten jember? 2). Bagaimana pelaksanaan pemenuhan hak warga negara untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat terhadap dampak limbah cair Pabrik Perusahaan Daerah Perkebunan Sumber Wadung Desa Harjomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember?.
Metodologi dan desain penelitian bersifat Yuridis Empiris, suatu metode mengkaji ketetapan hukum yang sedang diterapkan serta permasalahan secara nyata di dalam masyarakat. Guna mengumpulkan informasi untuk proyek penelitian dan melakukan observasi, peneliti mendatangi langsung pabrik Perusahaan Perkebunan Daerah (PDP) Sumber Wadung di Desa Harjamulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.
Kesimpulan penelitian ini 1. Sistem pengelolaan limbah cair PDP Sumber Wadung perlu dilakukan tindakan segera dan efektif dalam mengatasi ketidaksesuaian sistem tata kelola limbah cair oleh PDP Sumber Wadung guna memastikan kepatuhan terhadap peraturan, perlindungan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat yang harus mematuhi peraturan No 06 Tahun 2021 tentang pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun. Hal ini melibatkan penyusunan inventarisasi limbah, pembuatan sistem informasi pengolahan limbah, dan kewajiban mematuhi izin lingkungan sesuai Undang-undang 32 tahun 2009. 2. Hak masyarakat terhadap lingkungan hidup telah ditegaskan UU Nomor 32 Tahun 2009 bahwa setiap orang berhak melakukan lingkungan yang baik dan sehat, untuk memberikan tanggung jawab terhadap masyarakat untuk berpartisipasi berpartisipasi dalam upaya properti dan resepsi terkait dengan hidup di sekitar. Akan tetapi pemenuhan hak warga di sekitar pabrik perusahaan daerah perkebunan PDP Sumber Wadung belum belum optimal Karena perusahaan mengharap untuk melakukan evaluasi menyuruh terhadap dampak lingkungan yang dihasilkan agar masyarakat dapat menikmati hak kesehatan dan lingkungan yang layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180124 Property Law (excl. Intellectual Property Law)
Depositing User: Rodiah Hamidatul Uinkhasjember
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:42
Last Modified: 15 Jan 2024 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32096

Actions (login required)

View Item View Item