PENERAPAN _MODEL_ PEMBELAJARAN _COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER_ DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUMBERBARU JEMBER

Firdania, Faisyatul hasanah (2023) PENERAPAN _MODEL_ PEMBELAJARAN _COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER_ DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUMBERBARU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Firdania Faisyatul Hasanah-T20171042 Rev-1.pdf

Download (24MB)

Abstract

Firdania Faisyatul Hasanah, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative
Learning Tipe Numbered Head Together Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumberbaru
Jember.
Kata Kunci: Cooperative Learning, Numbered Head Together, Pembelajaran
PAI dan Budi Pekerti
SMP Negeri 1 Sumberbaru Jember salah satu sekolah umum yang
menggunakan model model pembelajaran cooperative learning tipe numbered
head together. Banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran PAI dan Budi
Pekerti karena membosankan dan kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered
head together dalam meningkatkan belajar siswa terhadap pembelajaran PAI
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana
perencanaan model pembelajaran Cooperative Learning Number Head Together
dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP Negeri 1 Sumberbaru Jember? (2)
Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Learning Number Head
Together dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP Negeri 1 Sumberbaru
Jember? (3) Bagaimana Evaluasi model pembelajaran Cooperative Learning
Number Head Together dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP Negeri 1
Sumberbaru Jember?
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, adapun pendekatan
penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitiannya meliputi tahap pra
lapangan, tahap pelaksanaan lapangan dan tahap analisis data lapangan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1. Perencanaan Model pembelajaran
Cooperative Learning Number Head Together dalam pembelajaran PAI dan Budi
Pekerti dilakukan guru dengan menetapkan Modul pembelajaran, dan pembuatan
penomoran yang disajikan secara acak terhadap peserta didik. 2. Pelaksanaan
model pembelajaran Cooperative Learning Number Head Together dalam
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti
dan penutup, 3. Evaluasi Model pembelajaran Cooperative Learning Number
Head Together pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti meliputi tugas, tes tulis,
dan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Numbered Head Together, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms Firdania Faisyatul
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:36
Last Modified: 15 Jan 2024 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32098

Actions (login required)

View Item View Item