ANALISIS PEMBEBANAN BIAYA PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DITINJAU DARI PERATURAN BUPATI NOMOR 16 TAHUN 2022 DAN PERSPEKTIF ASAS PENDAFTARAN TANAH ( Studi Kasus di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik)

Siti Humairah, Habibatul Karimah (2024) ANALISIS PEMBEBANAN BIAYA PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DITINJAU DARI PERATURAN BUPATI NOMOR 16 TAHUN 2022 DAN PERSPEKTIF ASAS PENDAFTARAN TANAH ( Studi Kasus di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Shiddiq Jember.

[img] Text
Siti Humairoh Habibatul Karimah water mark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Humairoh Habibatul Karimah,2023: Analisis Pembebanan Biaya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ditinjau dari Peraturan Bupati Nomor 16 Tahun 2022 dalam Perspektif Asas Pendaftaran Tanah.

Kata kunci : Pembebanan Biaya, PTSL, Perbup

Pembebanan biaya program PTSL di Perbup No 16 tahun 2022 diatur dalam pasal 9 dan pasal 10. Untuk beberapa Desa yang ada di Kecamatan Manyar sendiri tarif dalam program PTSL ini antara Rp.150.000,00 - Rp 500.000,00. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana praktik pembebanan biaya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 16 Tahun 2022? 2) Bagaimana pembebanan biaya dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik dalam perspektif Asas Pendaftaran Tanah? 3) Bagaimana kendala yang dihadapi selama kegiatan PTSL tahun 2022 berlangsung di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik?

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui praktik pembebanan biaya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik berdasarkan Peraturan Bupati Gresik No.16 tahun 2022. 2) Untuk mengetahui pembebanan biaya dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik dalam perspektif Asas Pendaftaran Tanah. 3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama kegiatan PTSL tahun 2022 berlangsung di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik.

Penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan Sosiologi hukum, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian teknik analisis data induktif dan berdasarkan pada fakta empiris atau kondisi lapangan. keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi data dan Triangulasi Teknik.

Penelitian ini sampai pada Kesimpulan bahwa: 1) proses pembebanan biaya PTSL yang berlangsung di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Perbup Nomor 16 Tahun 2022. 2) Pembebanan biaya PTSL jika dilihat dari perspektif asas pendaftaran tanah telah sesuai dan diterapkan sebagaimana mestinya. 3) Kendala yang dihadapi selama PTSL yakni masih ada warga yang tidak mampu membayar beban biaya tambahan, masih banyaknya LSM-LSM yang membuat berita hoax, masih banyaknya temuan manipulasi data, dan masih kurangnya fasilitas penunjang bagi panitia ajudikasi PTSL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Siti Humairah Habibatul Karimah
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:23
Last Modified: 15 Jan 2024 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32102

Actions (login required)

View Item View Item