Analisis Yuridis Pasal 27 Ayat 3 UUD 1945 Tentang Hak Bela Negara Dalam Menjaga Kedaulatan Negara

muhamad, mirzan (2024) Analisis Yuridis Pasal 27 Ayat 3 UUD 1945 Tentang Hak Bela Negara Dalam Menjaga Kedaulatan Negara. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Lengkap Mirzan Revisi Sidang fix (2).pdf

Download (13MB)

Abstract

Bela negara menjadi satu konsep yang dicetuskan di dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 sebagai sebuah tonggak untuk menghidupkan kecintaan dan jiwa patriotisme bagi setiap warga negara. Ancaman dan hambatan harus dihilangkan ketika hal tersebut mengancam keamanan negara. Akan tetapi konsep bela negara tidak dipahami secara utuh oleh setiap warga negara, bahkan tereduksi oleh perkembangan zaman. Konsep bela negara haruslah dijiwai secara konkret oleh setiap elemen negara, agar dalam tahap implementasi, kebijakan yang telah dirumuskan menjadi satu langkah pasti dan akan membuat kedaulatan negara menjadi terjamin.
Fokus penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana implementasi kebijakan hak dan kewajiban bela negara dalam menjaga kedaulatan negara?; 2). Bagaimana strategi hak bela negara dalam menjaga kedaulatan negara menurut maqashid syari’ah?.
Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1). Untuk mengetahui implementasi kebijakan hak dan kewajiban bela negara dalam menjaga kedaulatan negara; 2). Untuk mengetahui strategi hak bela negara dalam menjaga kedaulatan negara menurut maqashid syari’ah.
Metode Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Hukum Normatif, sedangkan pendekatannya menggunakan Pendekatan Perundang-undangan dan Konseptual, Sumber bahan hukumnya bahan hukum Primer, sekunder dan tersier. Tehnik pengumpulan bahan hukum menggunakan reduksi, penyajian dan verifikasi bahan hukum. Sedangkan analisis bahan hukum menggunakan Editing, Organizing dan Analizing.
Dalam penelitian ini, peneliti menyimpulkan beberapa hal yaitu : 1). Implementasi kebijakan hak bela negara telah terakomodasi dengan berbagai program bela negara yang dicetuskan pemerintah dengan dibawah naungan kementrian pertahanan, akan tetapi masih belum optimal dalam pelaksanaannya karena kurang terciptanya sinergitas yang baik pada setiap elemen kenegaraan; 2). Strategi bela negara dalam rangka mempertahankan kedaulatan dibagi kedalam dua strategi yaitu strategi yang ditujukan kepada pemerintah dan masyarakat. Dalam hal ini strategi pemerintah telah menerapkan program sebagai strategi penguatan hak bela negara baik melalui lapisan pemerintahan dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180109 Corporations and Associations Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: muhamad mirzan muhamad mirzan
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:23
Last Modified: 15 Jan 2024 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32111

Actions (login required)

View Item View Item