STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA PEMERIKSA HALAL UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER DALAM MENYOSIALISASIKAN URGENSI SERTIFIKASI HALAL DI KABUPATEN JEMBER

Al Barizi, M. Labib (2023) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA PEMERIKSA HALAL UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER DALAM MENYOSIALISASIKAN URGENSI SERTIFIKASI HALAL DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI M. Labib sudah direvisi-2.pdf

Download (14MB)

Abstract

M. Labib Albarizi, Desember 2023: Strategi Komunikasi Lembaga Pemeriksa Halal Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Dalam Menyosialisasikan Urgensi Sertifikasi Halal Di Kabupaten Jember.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Sertifikasi Halal.
LPH UIN KHAS Jember merupakan Lembaga yang bertugas memeriksa atau mengaudit produk halal para pelaku usaha untuk kemudian diajukan kepada Majelis Ulama Indonesia. Dalam menjalankan progresifitasnya tentunya sangat penting bagi Lembaga pemeriksa halal melakukan strategi komunikasi, agar pesan yang akan disampaikan dapat diterima dengan baik oleh objek komunikasi atau pelaku usaha itu sendiri.
Fokus Penelitian Dalam Skripsi Ini Adalah: 1) Bagaimana Strategi Komunikasi LPH UIN KHAS Jember Dalam Menyosialisasikan Urgensi Sertifikasi Halal Di Kabupaten Jember, 2) Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat LPH UIN KHAS Jember Dalam Menyosialisasikan Urgensi Sertifikasi Halal Di Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Menjelaskan Strategi Komunikasi LPH UIN KHAS Jember Dalam Menyosialisasikan Urgensi Sertifikasi Halal Di Kabupaten Jember, 2) Untuk Menjelaskan Faktor Pendukung Dan Penghambat LPH UIN KHAS Jember Dalam Menyosialisasikan Urgensi Sertifikasi Halal Di Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mendapatkan data secara rinci. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian dalam teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan menetapkan kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh informan. Triangulasi sumber dan triangulasi Teknik yang digunakan dalam penelitian ini, untuk memastikan kredibilitas data penelitian.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini Pertama komunikator yang dipilih LPH UIN KHAS Jember adalah orang yang berpengetahuan luas tentang sertifikasi halal dan masih menjadi bagian dari LPH UIN KHAS Jember, media yang digunakan untuk menyosialisasikan sertifikasi halal yaitu Instagram, youtube dan websaid, penyusunan dan penyajian pesan LPH UIN KHAS menggunakan pedoman dari BPJPH yang sudah sesuai dengan syariat islam, sedangkan komunikannya yaitu pelaku usaha kecil dan menegah yang berada di Kabupaten Jember, Efek dari forum sosialisasi tersebut yaitu audien merasa senang telah terbantu dalam proses sertifikasi halal. Kedua komunikasi yang dilakukan oleh LPH UIN KHAS termasuk komunikasi organisasi yang efektif karena sudah memenuhi kriteria dari teori komunikasi Harold D. Lasswell. Ketiga setelah melakukan sosialisasi LPH UIN KHAS menganalisis faktor pendukung dan penghambat melalui evaluasi secara internal dan eksternal kelembagaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190103 Art Theory
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190299 Film, Television and Digital Media not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200314 South-East Asian Languages (excl. Indonesian)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ari M. Labib Susiyanti
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:02
Last Modified: 18 Jan 2024 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32112

Actions (login required)

View Item View Item