Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Perbandingan kelas VII di SMPS Al-Qur'an Salafiyyah Syafi'iyyah Bangorejo Banyuwangi

Nurul afiatum mudawamah, Nurul afiatum mudawamah (2023) Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Perbandingan kelas VII di SMPS Al-Qur'an Salafiyyah Syafi'iyyah Bangorejo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Nurul Afiatum Mudawamah_T20177008. edit (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Nurul Afiatum Mudawamah. 2023. Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perbandingan Kelas VII Di SMPS Al-Qur’an Salafiyyah Syafi’iyyah Bangorejo Banyuwangi.

Kata kunci : Komik, Materi Perbandingan, Hasil Belajar

Matematika adalah salah satu bidang studi yang harus dipelajari pada Pendidikan mulai jenjang dasar sampai pada jenjang selanjutnya yang lebih tinggi, karena matematika merpakan salah satu sarana untuk mengembangkan kreativitas berhitung siswa. Seorang pengajar harus dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan fundamental dalam proses Pendidikan. Maka diperlukan proses pembelajaran yang dapat disukai dan meanri minat siswa untuk belajar

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan hasil belajar siswa yang menggunakan media komik dan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi perbandingan kelas VII di SMPS Al-Qur’an Salafiyyah Syafi’iyyah Banyuwangi. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa materi perbandingan kelas VII di SMPS Al-Qur’an Salafiyyah Syafi’iyyah Banyuwangi.

Jenis penelitian ini menggunakan non-equivalent group posttest only design. Populasi penelitian berjumlah 136 siswa. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas control. Data posttest yang didapatkan dianalisis menggunakan uji statistika deskriptif dan uji statistika mann withney.

Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Nilai hasil belajar kelas eksperimen yang diberikan media komik mempunyai nilai yang lebih baik dibandingkan kelas yang diberikan materi secara konvensional. Nilai rata rata kelas eksperimen 72 dan nilai rata rata kelas kontrol 58. 2) Adapun hasil uji analisis statistika mann withney adalah Asyimp. Sig 0.041. Hal ini menunjukkan hipotesis H1 diterima, artinya penelitian menunjukkan hasil berpengaruh signifikan, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media komik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa materi perbandingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010406 Stochastic Analysis and Modelling
Depositing User: Nurul Fia Zainal
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:46
Last Modified: 15 Jan 2024 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32118

Actions (login required)

View Item View Item