EFEKTIVITAS PERDA KABUPATEN JEMBER NOMOR 4 TAHUN 2006 TENTANG FUNGSI RUKUN TETANGGA (RT) DALAM PEMBANGUNAN (Studi tentang Peranan Rukun Tetangga (RT) di Dusun Krajan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember)

Rahman, Albidsyah Nur (2024) EFEKTIVITAS PERDA KABUPATEN JEMBER NOMOR 4 TAHUN 2006 TENTANG FUNGSI RUKUN TETANGGA (RT) DALAM PEMBANGUNAN (Studi tentang Peranan Rukun Tetangga (RT) di Dusun Krajan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
File Revisi_Skripsi Albidsyah Nur watermark.pdf

Download (19MB)

Abstract

Albidsyah Nur Rahman, 2022: Efektivitas Perda Kabupaten Jember Nomor 4 Tahun 2006 tentang Fungsi Rukun Tetangga (RT) dalam Pembangunan (Studi tentang Peranan Rukun Tetangga (RT) di Dusun Krajan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember)
Kata Kunci : Efektivitas, Perda, Rukun Tetangga.
Pemerintahan Desa adalah entitas yang bertanggung jawab atas urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat di tingkat lokal, sesuai dengan regulasi yang tertuang dalam Pasal 1 ayat (2) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2015. Dalam kerangka pemerintahan desa, Rukun Tetangga (RT) memiliki peran penting sebagai organisasi masyarakat yang diakui dan dibina oleh Pemerintah. Fungsinya mencakup pemeliharaan nilai-nilai gotong-royong dan kekeluargaan, serta kontribusi dalam kelancaran tugas pemerintah terkait pembangunan dan kemasyarakatan di desa dan kelurahan.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana efektivitas Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 4 Tahun 2006 tentang fungsi Rukun Tetangga (RT) dalam pembangunan di Dusun Krajan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat fungsi Rukun Tetangga (RT) dalam pembangunan di Dusun Krajan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui efektivitas Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 4 Tahun 2006 tentang fungsi Rukun Tetangga (RT) dalam pembangunan di Dusun Krajan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Jember. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat fungsi Rukun Tetangga (RT) dalam pembangunan di Dusun Krajan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan undang-undang dan koseptual dan jenis penelitian Hukum empiris. Pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data mengacu pada model interaktif, yang melibatkan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diuji melalui teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian adalah 1) Efektivitas Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 4 Tahun 2006 tentang fungsi Rukun Tetangga (RT) dalam pembangunan di Dusun Krajan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember berdasarkan lima indikator yang dicetuskan oleh Soerjono Soekanto memberikan gambaran bahwa PERDA No. 4/2006 telah mememiliki efektifitas, namun masih belum sepenuhnya efisien dikarenakan terdapat indikator yang tidak dijalankan secara sempurna. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan fungsi Rukun Tetangga dalam pembangunan Desa Balung Lor antara lain adalah budaya disiplin waktu dan perencanaan yang terencana dengan baik dalam konteks anggaran desa. Di sisi lain, faktor penghambat melibatkan rendahnya partisipasi anggota dalam pertemuan dan keterbatasan sumber daya anggaran desa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan sumbangan konstruktif untuk penyempurnaan dan peningkatan peran Rukun Tetangga dalam mendukung pembangunan desa secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Albidsyah Nur Rahman
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:28
Last Modified: 22 Jan 2024 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32126

Actions (login required)

View Item View Item