DIYAH BELLALITA, ERFIYANA (2023) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH ASHRI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
DIYAH BELLALITA ERFIYANA_(T20181449) WATERMAK.pdf Download (191MB) |
Abstract
Diyah Bellalita Erfiyana, 2023: Implementasi Metode Sorogan Dalam
Mengembangkan Kemampuan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur`an
Hadist Kelas XI di Madrasah Aliyah Ashri Jember.
Kata Kunci : Sorogan, Kemampuan Belajar Siswa, Al-Qur‟an Hadist
Dari berkembangnya zaman di dalam lingkungan sekolah terdapat banyak
yang ditemukan peserta didik dalam metode guru mengajar. Salah satunya metode
Sorogan, dimana metode ini sangat nyaman digunakan oleh peserta didik karena
mereka bisa lebih memahami dalam pembelajaran belangsung.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
implementasi metode sorogan dalam mengembangkan kemampuan belajar siswa
pada aspek kognitif mata pelajaran Al-Quran Hadist di Madrasah Ashri? 2)
Bagaimana implementasi metode sorogan dalam mengembangkan kemampuan
belajar siswa pada aspek psikomotorik mata pelajaran Al-Quran Hadist di
Madrasah Ashri? 3) Bagaimana implementasi metode sorogan dalam
mengembangkan kemampuan belajar siswa pada aspek afektif mata pelajaran AlQuran Hadist Madrasah Ashri?
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan
Implementasi metode Sorogan dalam mengembangkan kemampuan belajar siswa
pada aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif pada mata pelajaran Al-Quran
Hadist di Madrasah Ashri.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Studi kasus adalah satu metode
penelitian dimana dalam riset untuk menyelidiki, memahami, dan meneliti suatu
masalah yang telah terjadi dan dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi
yang akan diolah yang menghasilkan solusi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : Implementasi metode sorogan
dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadist di pondok pesantren As-Shiddiqi
menunjukkan hasil yang baik dalam memperluas pemahaman siswa terhadap isi
Al-Qur'an dan Hadis (aspek kognitif). Selain itu, metode ini memungkinkan siswa
untuk mengasah keterampilan fisik dan verbal, seperti membaca dengan baik dan
menjelaskan materi secara terstruktur (aspek psikomotorik). Selain itu,
pembelajaran melalui metode sorogan juga berdampak pada pembentukan sikap
dan perilaku positif siswa, bukan sekadar pemahaman teori semata (aspek afektif).
Hal ini menegaskan bahwa pendekatan ini mendukung tujuan pendidikan untuk
mengembangkan pemahaman, keterampilan, dan karakter siswa secara
menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DIYAH BELLALITA RIDIAN FANANI |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 08:36 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 08:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32135 |
Actions (login required)
View Item |