Komunikasi Pesantren Melawan Covid-19: Analisis Wacana Model Halliday terhadap Tiga Media Online Pondok Pesantren di Zona Merah Korona

Wazis, Kun and Najikh, Ahmad Hayyan Komunikasi Pesantren Melawan Covid-19: Analisis Wacana Model Halliday terhadap Tiga Media Online Pondok Pesantren di Zona Merah Korona. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN LENGKAP-Penelitian Dasar Program Studi-2022-Kun Wazis.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Research)
view
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Perkembangan bahaya wabah corona virus desease (Covid-19) di seluruh dunia dan di Indonesia meningkat berdampak luas.Pemerintah Indonesia mengeluarkan keputusan presiden (Keppres) yang menetapkan Covid-2019 sebagai jenis penyakit yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat dan wajib ditanggulangi.Selama tahun 2020, media online Pondok Pesantren di Jawa Timur yang masuk Zona Merah, yakni Malang, Jember, Lumajang, dan Situbondo menampilkan berita dan informasi yang terkait dengan kewaspadaan Covid-19. Tiga media online pesantrennuris.net, mubakid.or.id, dan sukorejo.com mewakili media online pesantren dalam memberitakan komunikasi pesantren dalam melawan Covid-19.
Untuk itu, penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis Wacana Model Hallidaydinilai tepat oleh peneliti karena ada tiga dimensi penting yang digali, yakni medan wacana (field of discourse), pelibat wacana (tenor of discourse), dan mode wacana (mode of discourse).
Hasil riset komunikasi pesantren yang ditampilkan melalui media online tersebut menemukan tiga hal penting.Pertama, tindakan sosial pesantren dalam menanggulangi Covid-19 terletak pada pesan kiai yang wajib ditaati oleh seluruh warga pesantren.Kedua, kebijakan redaksi ketiga media online pesantren menunjukkan bahwa pesantren memiliki aturan/ regulasi yang tegas berkaitan dengan penanganan Covid-19 di pesantren.Ketiga, gaya bahasa media online ketiga pesantren menampilkan gaya bahasa jurnalistik ala pesantren.
Berdasarkan riset ini, semakin mengokohkan bahwa pondok pesantren sebagai institusi perubahan sosial yang telah terbukti memiliki kontribusi yang sangat besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan harus mendapatkan dukungan berbagai pihak dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Kun Wazis
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:59
Last Modified: 25 Jun 2024 04:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32160

Actions (login required)

View Item View Item