PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA SEMBORO - JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dinata, Risa Arda (0027) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA SEMBORO - JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risa Arda Arivia Dinata_T20184055.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Tematik, Model Pembelajaran Quantum Teaching.
Pembelajaran tematik sangat penting diterapkan di sekolah dasar atau Madrasah Ibtidaiyah, sebab model pembelajaran ini memiliki banyak nilai dan manfaat, diantaranya: (1) peserta didik dapat melihat hubungan hubungan yang bermakna sebab isi/materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir, (2) pembelajaran tidak terpecah-pecah karena peserta didik dilengkapi dengan pengalaman belajar yang lebih terpadu, (3) memberikan penerapan-penerapan dari dunia nyata sehingga dapat mempertinggi kesempatan transfer belajar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tema Makanan Sehat Siswa Kelas V di MI Miftahul Huda Semboro Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 2) Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tema Makanan Sehat Siswa Kelas V di MI Miftahul Huda Semboro Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 3) Bagaimana Evaluasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tema Makanan Sehat Siswa Kelas V di MI Miftahul Huda Semboro Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tema Makanan Sehat Siswa Kelas V di MI Miftahul Huda Semboro Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research(penelitian lapangan). Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis model Milles, Hubberman dan Saldana yang menyatakan bahwa aktivitas dalam analisis data mengharuskan peneliti untuk melakukan tiga hal kegiatan analisis data secara serempak setelah melakukan Kondensasi data yaitu, Kondensasi Data, Penyajian Data, Kesimpulan.Kemudian keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Perencanaan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Mi Miftahul Huda Semboro – Jember.meliputi: a) Perencanaan: guru kelas memeriksa persiapan untuk diskusi, menyiapkan pertanyaan-pertanyaan diskusi. Pada perencanaan ini guru kelas tetap menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus. 2) Pelaksanaan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di MI Miftahul Huda Semboro – Jember yaitu ada tiga tahap kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Mi Miftahul Huda Semboro - Jember yaitu guru kelas V menggunakan tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Dalam ranah kognitif guru memberikan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik. penilaian ini berkaitan dengan penilaian terhadap hasil pembrian soal tes yang telah diberikan guru. Sedangkan ranah afektif, penilaian dilakukan dengan penilaian terhadap sikap dan perilaku siswa ketika pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risa Arda Arivia Dinata
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:16
Last Modified: 02 Feb 2024 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32164

Actions (login required)

View Item View Item