Penalaran Proporsional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Proporsi Ditinjau Berdasarkan Adversity Quotient Di MTs Fathur Rahman Jember

Nur Laila, Agustina (2024) Penalaran Proporsional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Proporsi Ditinjau Berdasarkan Adversity Quotient Di MTs Fathur Rahman Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI LALA digilib_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penalaran Proporsional merupakan kegiatan berpikir dalam matematika yang mempunyai karakteristik tertentu untuk menemukan kebenaran. Masalah proporsi merupakan suatu permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan antara dua besaran atau lebih
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana kemampuan penalaran proporsional siswa kategori Quitter dalam menyelesaikan masalah proporsi, 2) Mengetahui bagaimana kemampuan penalaran proporsional siswa kategori Camper dalam menyelesaikan masalah proporsi, 3) Mengetehui bagaimana kemampuan penalaran proporsional siswa kategori Climber dalam menyelesaikan masalah proporsi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data: 1) Angket; 2) Tes; 3) Wawancara; 4) Dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini merujuk pada Miles dan Huberman, yaitu: 1) Kondensasi Data; 2) Penyajian data; dan 3) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.dan sumber.
Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII Mts Fathur Rahman Jember, siswa dengan kategori Quitter disebut SQ, siswa dengan kategori Camper disebut SC dan siswa dalam kategori Cimber disebut SCL. Subjek yang di peroleh melalui tahapan yaitu tahap awal mengklasifikasikan hasil pengisian angket adversity quotient untuk mecari masing-masing 1 siswa dalam satu kategori. Tahap akhir memberikan tes soal proporsi pada materi perbandingan untuk melihat seberapa siswa tersebut dalam menyelesaikan soal dan wawancara diperoleh kesimpualan yaitu 1) Subyek dengan kemampuan penalaran proporsional kategori Quitter (SQ) telah memenuhi tahapan menentukan kuantitas-kuantitas, tetapi SQ tidak dapat menyelesaikan tahapan kedua dan ketiga yaitu memahami hubungan antar kuantitas dan menggunakan strategi yang tepat, oleh sebab itu SQ tidak mendapatkan hasil ahir jawaban yang tepati. 2) Subyek dengan kemampuan penalaran proporsional kategori Camper (SC) telah memenuhi tahapan pertama dan kedua yaitu menemukan kuantitas-kuantitas, tetapi SC tidak dapat menyelesaikan tahapan akhir yaitu menggunakan strategi yang tepat, karena SC hanya menuliskan jawabannya untuk mencari nilai panjang buku B, dan tidak dilanjutkan mencari luas buku B tidak lain hal tersebut adalah capaian dari indikator terakhir yaitu menggunakan strategi yang tepat. 3) Subyek dengan kemampuan penalaran proporsional kategori Climber (SCL) dapat memenuhi semua tahapan yaitu menemukan kuantitas-kuantitas, memahami hubungan antar kuantitas dan menggunakan strategi yang tepat
Kata Kunci : Penalaran, Penalaran Proporsional, Menyelesaikan Masalah, Masalah Proporsi, Adversity Quotient

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Laila Agustina
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:03
Last Modified: 12 Feb 2024 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32180

Actions (login required)

View Item View Item