Peran pasar desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam pada pasar desa Wringin kabupaten Bondowoso

Dwi saputra, Dian (2023) Peran pasar desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam pada pasar desa Wringin kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DIAN DWI SAPUTRA 2023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pasar Desa, Ekonomi Masyarakat, Ekonomi Islam

Pembangunan nasional adalah salah satu cara Pemerintah Indonesia dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat. Adapun bentuk yang dapat dilakukan adalah membangun pasar yang bertujuan untuk menyerap tenaga kerja dan menampung roda perjalan uang yang berjalan dinamis dari waktu ke waktu, didalam kacamata Ekonomi Islam pasar seharusnya berlandaskan atas etika dan nilai-nilai syariah
yang diharapkannya peran pasar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
Atas dasar latar belakang diatas, peneliti mendapatkan fokus penelitian yaitu: 1. Bagaimanakah peran pasar desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Wringin?., 2. Bagaimana peran pasar desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Wringin menurut prespektif Ekonomi Islam?.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui bagaimana peran pasar desa dalam proses peningkatan perekonomian masyarakat desa Wringin., 2. Mengetahui bagaimana peran pasar desa Wringin dalam peningkatan perekonomian masyarakat desa dalam prespektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti memakai teknik purposive sampling yakni teknik pengumpulan bahan berdasarkan data mengenai pertimbangan tersendiri. Lalu teknik pengumpulan data memakai teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Peran pasar desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat berpotensi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, namun perlu adanya koordinasi dalam kebersihan karena beberapa kasus yang ditemukan terdapat pedagang membayar biaya retribusi kepada pengelola pasar namun pihak pengelola tidak bertanggungjawab atas kebersihan dibagian dalam pasar. 2. Peran pasar desa apabila ditinjau dari prespektif Islam belum sepenuhnya menerapkan prinsip perdagangan dalam Islam, karena ditemukan beberapa kecurangan yang dilakukan pedagang dalam menyetel timbangannya dan memasarkan barang dagangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Dian Dwi Saputra
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:45
Last Modified: 27 Feb 2024 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32188

Actions (login required)

View Item View Item