PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IIA DI SEKOLAH DASAR AL BAITUL AMIEN JEMBER

Hidayah, Niki (2024) PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IIA DI SEKOLAH DASAR AL BAITUL AMIEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Niki Hidayah_201101040008.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Niki Hidayah, 2024 : Pengembangan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik Kelas IIA Di Sekolah Dasar Al Baitul Amien Jember

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Matematika

Media pembelajaran adalah sarana yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (materi pembelajaran). Penggunaan media pembelajaran selain memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran, juga bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik. Dalam penelitian di kelas IIA SD Al Baitul Amien Jember, media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar kurang bervariatif, sehingga menimbulkan problem suasana belajar kurang menarik. Oleh karena itu, media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis pendekatan saintifik ini dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan menciptakan suasana belajar yang lebih menarik pada siswa kelas IIA SD AL Baitul Amien Jember dalam pembelajaran matematika materi bangun datar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana kevalidan pengembangan Powerpoint Interaktif. 2) Bagaimana kepraktisan pengembangan Powerpoint Interaktif. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan dan mengetahui kevalidan pengembangan Powerpoint Interaktif 2) Mendeskripsikan dan mengetahui kepraktisan pengembangan Powerpoint Interaktif.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitan dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembanngan dilakukan menggunakan tahapan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).
Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran Powerpoint interkatif berbasis pendekatan saintifik dihasilkan memenuhi kriteria valid dengan presentase penilaian rata-rata 86,15%, dari ahli materi 92,3% kategori sangat valid dan ahli media 80% kategori valid. Memenuhi kriteria praktis dengan presentase penilaian rata-rata 89,37% dari ahli Pendidikan matematika 88% kategori praktis, dan respon peserta didik 90,74% kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Powerpoint interkatif berbasis pendekatan saintifik valid dan praktis digunakan sebagai salah satu media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Niki Niki Hidayah
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:58
Last Modified: 15 Mar 2024 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32204

Actions (login required)

View Item View Item