IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM AL-MIFTAH LIL ULUM DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN FATIHUL ULUM JEMBER

Syafira, Alda (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM AL-MIFTAH LIL ULUM DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN FATIHUL ULUM JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIX TESIS ALDA SYAFIRA-223206030032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syafira, Alda, 2023. “Implementasi Program Al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m dalam Menumbuhkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Tanggul Jember”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Rodliyah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Mursalim, M.Ag.
Kata Kunci: Implementasi, program al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m, kitab kuning.
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena merupakan suatu cara dalam membentuk kepribadian untuk mencapai tujuan dan sasaran dalam hidup. Saat ini, pesantren telah mengubah beberapa sistem pembelajarannya dan menerima perubahan sesuai dengan tuntutan zaman. Pondok pesantren dan kitab kuning adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan atau dihilangkan salah satunya. Program al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m disini maksudnya adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang dikhususkan untuk memahami kitab kuning dan mampu membacanya dengan baik dan benar.
Fokus penelitiannya adalah 1) bagaimana perencanaan program al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m dalam menumbuhkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Jember, 2) bagaimana pelaksanaan program al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m dalam menumbuhkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Jember, 3) bagaimana evaluasi program al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m dalam menumbuhkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Jember. Tujuan penelitiannya adalah 1) untuk menganalisis perencanaan program al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m dalam menumbuhkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Jember, 2) untuk menganalisis pelaksanaan program Al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m dalam menumbuhkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Jember, 3) untuk menganalisis evaluasi program al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m dalam menumbuhkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Fatihul Ulum Jember.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive yaitu memilih informan yang berkaitan dengan penelitian, diantaranya: pengurus pondok, pendidik, dan santri. Analisis data menggunakan kondensasi, pemaparan data, penarikan dan verifikasi kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini 1) perencanaan yang dilakukan pengurus meliputi mempersiapkan kriteria peserta didik, menyeleksi, menyiapkan berkas, mempersiapkan tempat, dan memberi informasi kepada santriwati yang terpilih sebagai peserta al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m. 2) pelaksanaannya meliputi, menyiapkan metode yang akan digunakan yakni metode sorogan atau bandongan, menyiapkan media pembelajaran dan mata pelajarannya, 3) evaluasi program al-Mifta>h Li al-‘Ulu>m dengan mengadakan tes tulis dan lisan, yang mana tes tulis dengan cara memurodi dan mengharakati dari setiap kalimat, sedangkan tes lisan yakni dengan metode sorogan atau membaca kitab kuning di depan pendidik atau ustazah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Depositing User: Ms. Alda -
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:33
Last Modified: 20 Mar 2024 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32213

Actions (login required)

View Item View Item