Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Cacah Matematika Kelas VI Di SDN Sukorambi 01 Jember

Sari, Intan Kartika (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Cacah Matematika Kelas VI Di SDN Sukorambi 01 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
hard.pdf

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara kelompok yang menekankan pada kegiatan pembelajaran membaca, menulis, dan tata bahasa yang bertujuan untuk menemukan ide dari suatu materi pembelajaran yang sedang dibahas, sehingga siswa maupun berfikir kritis. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat diterapkan pada mata pelajaran matematika karena matematika bukan hanya angka dan berhitung melainkan ada kata-kata dalam bahasa sehari-hari yang harus siwa pahami dalam proses penyelesaian masalah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah
adakah pengaruh model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita bilangan cacah
matematika kelas VI di SDN Sukorambi 01 Jember.
Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan
pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang diguanakn dalam penelitin ini adalah one group pretest-postest design. Dengan menguunakan desai ini dilakukan dengan adanya pretes (sebelum perlakuan) dengan postest
(sesudah perlakuan) dilakukan dengan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS.
Penelitian ini memroleh kesimpulan : untuk mencapai harga t tabel peneliti
menggunakan tabel distribusi t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db = N – 1 = 31 – 1 = 30 maka diperoleh t 0,05= 2,04 . setelah diperoleh t hitung = 0,00 dan t tabel = 2,04 maka diketahui bahwa nilai Sig sebesar 0,00 < 0,05 H0 di tolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berfikir kritis siswa sebelum diberikan perlakukan (pretest) dan sesudah diberikan perlakukan (postest) yang artinya ada pengaruh model pembelajaran Coeperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita bilangan cacah matematika kelas VI SDN
Sukorambi 01 Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010109 Ordinary Differential Equations, Difference Equations and Dynamical Systems
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Intan Kartika Sari
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:34
Last Modified: 22 Mar 2024 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32220

Actions (login required)

View Item View Item